Kereta Api Makassar-Parepare Gratis Sampai Akhir Desember 2022

Jumat, 2 Desember 2022 13:06 Reporter : Merdeka
Kereta Api Makassar-Parepare Gratis Sampai Akhir Desember 2022 Perbaikan rel kereta api. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan soft launching Kereta Api Makassar-Parepare jalur Garongkong-Maros. Dengan begitu, KA Makassar-Parepare kini memiliki dua trayek, termasuk jalur Garongkong-Mangilu yang sebelumnya telah beroperasi gratis.

Menhub mengatakan, penumpang Kereta Api Makassar-Parepare masih bisa menikmati layanan tanpa tarif ini sampai akhir Desember 2022.

"Kita gratis sampai bulan Desember, nanti bulan Februari sudah ada BTS (buy the service) yang menghubungkan Rammang-Rammang, Maros, menuju ke Bandara (Internasional Sultan Hasanuddin)," jelas Menhub Budi Karya di Depo Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (2/12).

Selama uji coba gratis ini, masyarakat dipersilakan menikmati Kereta Api Makassar-Parepare dengan satu trainset yang beroperasi tiap hari sebagai KA wisata. Khususnya bagi yang ingin menikmati keindahan alam Sulawesi Selatan, seperti ditawarkan Rammang-Rammang yang telah jadi warisan Geopark UNESCO.

"Tahap pertama ini adalah soft launching. Kita lebih banyak upaya untuk meningkatkan awareness dari kereta api Sulawesi dan wisata Rammang-Rammang," imbuh Menhub.

2 dari 2 halaman

Lewati 7 Stasiun

Sebelum dibukanya jalur Garongkong-Maros, KA Makassar-Parepare sudah beroperasi secara gratis dari Stasiun Garongkong ke Stasiun Mangilu. Jalur untuk tujuan wisata ini memiliki panjang sekitar 66 Km dan melewati 7 stasiun.

Ada satu kereta yang melayani satu kali perjalanan pulang/pergi (pp) dari Stasiun Garongkong-Mangilu pada Senin-Jumat. Sementara pada weekdays Sabtu-Minggu, kereta tersebut beroperasi dua kali pp.

Dengan uji coba terbatas dari Stasiun Maros-Pangkajene, maka dibuka satu jalur tambahan Garongkong-Maros sepanjang 83 Km. Sedikit berbeda dengan jalur Garongkong-Mangilu, track Garongkong-Maros nantinya juga akan difungsikan untuk angkutan logistik.

Tak hanya sampai Maros, proyek KA Makassar-Parepare dalam waktu dekat target tembus sampai Mandai, yang berjarak sekitar 15 menit dengan moda kereta ke arah selatan.

"Saya harapkan di bulan-bulan ini kita akan menyelesaikan sampai Mandai, juga selesaikan Garongkong. Sehingga terlihat bahwa Kereta Api Sulawesi ini istimewa. Bukan hanya untuk penumpang, tetapi logistiknya kita lakukan," terangnya.

Guna memaksimalkan pengoperasian, Menhub pun bakal menambah dua rangkaian kereta lagi. "Jadi tiga trainset (dalam sehari). Satu unit diantaranya bisa dua kali (pp). Jadi enam kali (pemberangkatan pulang/pergi dalam sehari)," tandas Menhub Budi Karya Sumadi.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Uji Coba KA Makassar-Parepare, Menhub Budi: Cita-Cita Presiden Buat Trans Sulawesi
Rel Bengkong Solo Membahayakan, KAI Ajak Warga Berhati-hati
Evakuasi KRL Anjlok di Kampung Bandan Selesai, Ini Rekayasa Perjalanan Kereta
Angkutan Nataru, KAI Daop 8 Siapkan 90.444 Kursi Tambahan
PT KAI Divre I Sumut Siapkan 95.688 Tiket Jelang Libur Nataru, Ini Cara Pesannya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini