Kerahkan 1.812 Personel, PLN Pastikan Listrik di NTT Pulih 100 Persen

Senin, 10 Mei 2021 15:15 Reporter : Merdeka
Kerahkan 1.812 Personel, PLN Pastikan Listrik di NTT Pulih 100 Persen pln. Merdeka.com

Merdeka.com - PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) memastikan sistem kelistrikan di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terdampak Badai Siklon Tropis Seroja sudah pulih 100 persen. Sebanyak 1.812 personel PLN dikerahkan untuk upaya pemulihan ini.

Berdasarkan data Senin 10 Mei 2021 pukul 12.00 WITA, tercatat 4.002 gardu distribusi yang terdampak sudah kembali normal. Wilayah yang terdampak ini antara lain di Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Pulau Adonara, Pulau Lembata, Sumba Timur dan Pulau Rote.

Begitu pula dengan listrik dari total pelanggan terdampak 635.979 sudah 100 persen menyala. Badai Siklon Tropis Seroja juga menyebabkan tower 19 roboh, sehingga saat ini sudah digantikan dengan tower emergency.

"Artinya sistem kelistrikan NTT telah pulih 100 persen. kami ucapkan terima kasih kepada semua yang membantu pemulihan listrik di NTT," tutur Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda, dalam konferensi pers pada Senin (10/5).

Syamsul menuturkan, sejumlah upaya yang sudah dilakukan PLN termasuk untuk pemulihan jaringan listrik yakni mengerahkan 1.812 personel PLN dengan 232 di antaranya berasal luar unit PLN NTT, dan menambah material serta alat kerja dari unit di luar PLN NTT, serta pemasangan tower emergency dari NTB.

PLN juga mengirimkan 29 unit genset untuk digunakan di lokasi vital seperti tempat pengungsian dan Rumah Sakit (RS). Perseroan juga berkoordinasI dengan para pemangku kepentingan untuk pemulihan kelistrikan, termasuk lokalisir pohon-pohon tumbang yang mengganggu instalasi oleh personel TNI dan Polri.

"Kami juga membuat tiga posko bencana, serta penyaluran sembako dan dapur umum untuk korban bencana dengan total sebesar Rp 967 juta," kata Syamsul.

Reporter: Andina Librianty

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini