Kepala BKPM: Virus Corona Membuat Kita Pusing Betul

Kamis, 20 Februari 2020 11:59 Reporter : Dwi Aditya Putra
Kepala BKPM: Virus Corona Membuat Kita Pusing Betul Rakornas Indonesia Maju. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengatakan kondisi ekonomi global saat ini tidak terlalu menggembirakan. Hal itu dikarenakan munculnya virus corona yang membuat kondisi ekonomi global terdampak, tak terkecuali Indonesia.

"Perang dagang AS - China sudah hampir selesai tiba-tiba muncul corona. Corona membuat kita pusing betul," katanya dalam acara Rakornas Investasi 2020, di Jakarta, Kamis (20/2).

Menurut Bahlil, mewabahnya virus corona ini berdampak secara sistemik, masif dan sangat terstruktur. "Andaikan ada pilpres dan pilkada kali ini maka corona akan laku di negara kita," imbuh dia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengakui awal 2020 menjadi titik berat bagi ekonomi global. Sebab, mewabahnya virus corona menjadi ancaman bagi negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Dia menambahkan, sektor ekonomi yang berpotensi terdampak yakni jasa khususnya pariwisata. Mengingat share turis China di Indonesia 13 persen, terbesar kedua setelah Malaysia.

Selain sektor pariwisata, sektor manufaktur dan perdagangan internasional juga akan terdampak akibat virus corona. Mengingat, 27 persen impor non migas berasal dari China, kemudian 16,7 persen pangsa ekspor Indonesia adalah China.

1 dari 1 halaman

Menteri Wishnutama: Antisipasi Dampak Virus Corona Jadi Bahasan Pemerintah Tiap Hari

antisipasi dampak virus corona jadi bahasan pemerintah tiap hari

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengaku, hampir tiap malam, dirinya berkoordinasi dengan lintas kementerian untuk membahas dampak virus corona. Misalnya Kementerian Perhubungan, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN hingga Kementerian Kantor Staf Kepresidenan (KSP).

"Hampir tiap malam kita diskusi," kata Menteri Wishnutama di Ciputra World 1, Jakarta Selatan, Rabu (19/2) malam.

Meski belum final, beberapa pilihan antisipasi sudah bermunculan. Semisal memberikan insentif dan diskon berbagai sektor di pariwisata. Tama sapaan Menteri Wishnutama mengatakan proses rapat dan koordinasi masih terus berlangsung.

Maka dari itu, dia belum mau membocorkan lebih detil langkah pemerintah selanjutnya. Namun, dia memastikan proses ini akan diputuskan secepatnya.

[bim]

Baca juga:
Pemerintah Segera Evakuasi 74 WNI Negatif Virus Corona di Kapal Pesiar
Menteri Wishnutama: Antisipasi Dampak Virus Corona Jadi Bahasan Pemerintah Tiap Hari
Dua Lansia Meninggal Akibat Virus Corona di Iran, Kematian Pertama di Timur Tengah
Evakuasi Warganya Akibat Virus Corona, Korsel Pakai Pesawat CN235 Buatan Indonesia
Atasi Penyebaran Corona, Singapura Larang Warganya Keluar Rumah
Pemerintah Cairkan Rp 21,8 M Dana Bencana, Termasuk untuk Pulangkan WNI dari China
Gara-Gara Virus Corona, Optimisme Ekonomi Lebih Baik di 2020 Ambyar dalam Sebulan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini