Kepala Bappenas: Ibu Kota Baru Hanya Akan Dihuni 1,5 Juta Penduduk

Senin, 6 Mei 2019 13:17 Reporter : Merdeka
Kepala Bappenas: Ibu Kota Baru Hanya Akan Dihuni 1,5 Juta Penduduk Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro. ©2018 Merdeka.com/Moh Kadafi

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro memastikan pemindahan ibu kota tidak didesain sebesar Jakarta. Menurutnya, secara skenario ibu kota baru dirancang hanya dihuni untuk 900 ribu sampai 1,5 juta penduduk.

Dia menjelaskan, jumlah penduduk ibu kota baru nanti apabila disandingkan dengan kota lain tetap tak masuk dalam 10 kota dengan penduduk terbesar.

"Dalam skenario kami hanya ada dua pilihan, untuk 1,5 juta (penduduk) atau hanya 900 ribu (penduduk)," kata Bambang dalam diskusi media di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Senin (6/5).

Dia menuturkan bahwa pemerintah fokus untuk membuat ibu kota baru sebagai pusat pemerintahan dan dapat menumbuhkan kegiatan ekonomi di wilayah tersebut. Bambang menyebut pusat pemerintahan memiliki nilai ekonomi yang tak kecil.

"Pusat pemerintahan bagaimana pun itu punya nilai ekonomi yang tidak kecil, yang akan bisa kemudian menjadi faktor yang menumbuhkan ekonomi di sekitar wilayah ibu kota baru tersebut," jelas dia.

Mantan Menteri Keuangan itu mengatakan pemindahan ibu kota tak akan menghentikan pembangunan di Jakarta. Nantinya, Jakarta tetap menjadi pusat bisnis dan keuangan.

"Karena ide jakarta sebagai pusat bisnis. Tetapi pemerintahan ditambah kedutaan, eksekutif, legislatif, yudikatif, tentunya akan berada di ibu kota baru," tutur dia.

Bambang lalu mencontohkan Brazil yang berhasil memindahkan ibu kota dari Rio de Janeiro ke Brasilia. Bambang menyebut Brasilia dibangun hanya untuk sebagai pusat pemerintahan. Kini Brasilia menjadi kota ketiga terbesar di Brazil.

"Artinya upaya untuk menumbuhkan kegiatan ekonomi di pedalaman Amazon paling tidak berhasil ya. Berhasil tidak hanya di pantai selatan tetapi juga di pedalaman Amazon, khususnya di sekitar kota Brasilia," ujarnya.

Reporter: Lisza Egeham

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini