Kementerian ESDM jamin stok BBM di Palu aman

Sabtu, 13 Oktober 2018 10:24 Reporter : Merdeka
Kementerian ESDM jamin stok BBM di Palu aman Arcandra Tahar. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, stok Bahan Bakar Minyak (BBM) di Palu, Donggala dan Sigi telah mencukupi. Di mana sebelumnya mengalami kekurangan akibat rusaknya berbagai infrastruktur penyalur karena gempa.

‎Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, stok semua jenis BBM di Palu dan wilayah sekitarnya saat ini sudah di atas 14 hari. Hal ini menandakan pasokan BBM di Palu sudah cukup memenuhi kebutuhan.

"Semua stok. Kemarin stoknya di atas 14 hari, Solar, Avtur. Avtur malah 22 hari, Solar 30 hari. Untuk Palu ya. Bensin itu sekitar 16 hari," kata Arcandra, Sabtu (13/10).

Arcandra melanjutkan, saat ini penyaluran BBM ke masyarakat sudah normal. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan tidak adanya antrian panjang masyarakat yang hendak mengisi BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

"‎Di SPBU sendiri, Pertamina punya strategi punya line supply yang cukup, tapi juga tangki mobil juga taruh di sana. Jadi, cepat tanggapnya," ujarnya.

Dia mengungkapkan, berdasarkan tinjauan infrastruktur energi di Palu, pada Kamis (11/10/2018), ditemukan 15 SPBU sudah melayani penyaluran BBM, dari 17 SPBU yang ada di wilayah tersebut.

"Dari semua SPBU yang terkena dampak hanya tiga yang rusak berat. SPBU untuk Palu aja yang telah beroperasi 15 spbu sebelum gempa 17 SPBU‎," tandasnya.

Sumber: Liputan6

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini