Kemenperin target Indonesia jadi negara ekonomi digital terbesar di 2020

Selasa, 4 September 2018 15:30 Reporter : Anggun P. Situmorang
Kemenperin target Indonesia jadi negara ekonomi digital terbesar di 2020 Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Perindustrian menargetkan Indonesia dapat menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020. Total nilai e-commerce yang dapat dicapai pada tahun tersebut ditargetkan sebesar USD 130 miliar.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih mengatakan, untuk mencapai target tersebut pemerintah tengah mempersiapkan berbagai strategi. Salah satunya menggandeng para pelaku e-commerce.

"Belanja online tentunya menjadi salah satu faktor pendorong utama seiring dengan perkembangan ekonomi digital melalui basis industri dan e-commerce," ujar Gati dalam festival belanja online Festival 9.9 Super Shopping Day di KAUM, Jakarta, Selasa (4/9).

"Kami harap Festival 9.9 Super Shopping Day dapat turut berkontribusi terhadap upaya pemerintah dalam mencapai target menuju Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dan mencapai total nilai e-commerce sebesar USD 130 miliar pada tahun 2020," sambungnya.

Gati mengatakan, target yang telah ditetapkan tersebut bukan merupakan sesuatu yang sulit untuk dicapai. Sebab, saat ini masyarakat memiliki kebiasaan belanja online yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, belanja online juga memberi banyak kemudahan bagi masyarakat.

"Konektivitas memegang peranan penting untuk menuju Indonesia industri 4.0. Semakin tingginya Jumlah pengguna internet dan penetrasi smartphone di Indonesia turut mempengaruhi potensi revolusi industri," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini