Kemenperin: Nilai Ekspor ILMATE Naik 27 Persen Jadi USD 12,4 Miliar di Kuartal I-2021

Kamis, 10 Juni 2021 16:00 Reporter : Sulaeman
Kemenperin: Nilai Ekspor ILMATE Naik 27 Persen Jadi USD 12,4 Miliar di Kuartal I-2021 Pelabuhan. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kementerian Perindustrian mencatat nilai ekspor sektor industri logam, mesin, alat transportasi dan elektronika (ILMATE) pada kuartal I tahun 2021 mencapai USD 12,4 miliar. Angka ini naik sebesar 27 persen dibandingkan nilai pengapalan tahun sebelumnya yang hanya USD 9,7 miliar.

Selain itu, nilai investasi sektor ILMATE juga terus menunjukkan tren positif, dengan nilai penanaman modal periode triwulan I-2021 sebesar Rp 40,361 triliun.

"Kinerja ekspor dari sektor ILMATE masih menjadi primadona di tengah situasi yang tidak menentu akibat pandemi Covid-19. Diharapkan, kontribusinya mampu mengakselerasi upaya pemulihan ekonomi nasional," kata Direktur Jenderal ILMATE Kemenperin, Taufiek Bawazier di Jakarta, Kamis (10/6).

Taufiek mengungkapkan, Kementerian Perindustrian terus memacu sektor industri logam, mesin, alat transportasi dan elektronika (ILMATE) agar dapat memberikan kontribusi yang lebih signifikan bagi perekonomian nasional. Salah satunya dengan jurus substitusi impor 35 persen pada tahun 2022.

Menurutnya, strategi tersebut dijalankan secara simultan dengan peningkatan utilisasi produksi, mendorong pendalaman struktur industri, dan peningkatan investasi.

"Sektor ILMATE sendiri memiliki target untuk menurunkan impor sebesar Rp37,28 triliun hingga tahun 2022, dari total 106 nomor HS (komoditi), mulai dari logam, kendaraan bermotor, sepeda, peralatan elektronik maupun alat kesehatan," sebutnya.

Baca Selanjutnya: Langkah Strategis Diupayakan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini