Kemenkeu Target Aturan Cukai Plastik Terbit Tahun Ini

Selasa, 5 Maret 2019 13:16 Reporter : Dwi Aditya Putra
Kemenkeu Target Aturan Cukai Plastik Terbit Tahun Ini ilustrasi kantong plastik. ©2016 Merdeka.com/Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Heru Pambudi menegaskan bahwa Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) mengenai penerapan cukai plastik akan diselesaikan pada tahun ini. Pihaknya menargetkan, aturan ini dapat dirilis dalam waktu dekat.

"(Target?) Kalau saya ditanya ya secepat mungkin," katanya saat ditemui di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Selasa (5/3).

Heru mengatakan, proses penggodokan RPP ini terus berjalan di antara Kementerian Lembaga. Sehingga dirinya berharap aturan ini dapat terbit segera mungkin.

"Proses pematangan koordinasi jalan terus. Itu saja yang bisa saya updet ya. Artinya tidak berhenti jalan terus," imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan, Nirwala Dwi Heryanto mengatakan, saat ini aturan cukai plastik masih dibahas antar kementerian dalam bentuk rancangan peraturan pemerintah (RPP).

"Masih menunggu RPP disahkan menjadi PP sebagai dasar hukum pengenaan cukai atas plastik," ujar Nirwala saat dihubungi oleh merdeka.com ditulis Senin (4/3).

"Saya tidak tahu kapan (rampung), karena PP tersebut berkaitan dengan sinkronisasi kepentingan kementerian/lembaga pembina teknis. Di antaranya Kemen Perindustrian, KLHK," sambungnya.

Nirwala melanjutkan, pengenaan cukai plastik memang perlu dilakukan dalam rangka pengendalian konsumsi plastik yang kian meningkat setiap hari. Sehingga, ke depan pengelolaan dan manajemen plastik bisa lebih terarah.

"Dengan kondisi pencemaran lingkungan oleh sampah plastik akhir-akhir ini, yang paling penting kita harus sepakat apakah konsumsi plastik itu perlu dikendalikan? Pengendalian ini dengan tujuan untuk memperkuat manajemen pengelolaan sampah dan manajemen pertumbuhan sampah plastik baru," jelasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini