Kemenkeu: Seluruh Komponen PDB di Kuartal III Masih akan Negatif

Rabu, 4 November 2020 11:14 Reporter : Dwi Aditya Putra
Kemenkeu: Seluruh Komponen PDB di Kuartal III Masih akan Negatif pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Nathan Kacaribu memperkirakan seluruh komponen penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) masih akan negatif di kuartal III-2020. Menurutnya, hanya konsumsi pemerintah yang akan tumbuh secara signifikan.

"Berdasarkan estimasi kami, untuk kuartal III nanti, hampir seluruh komponen PDB masih akan negatif," kata dia kata dia dalam acara Simposium Nasional Keuangan Negara (SNKN) 2020, Rabu (4/11).

Dia mengatakan, peran belanja pemerintah memang sangat sentral dalam kondisi saat ini, bahkan tidak seperti yang lainnya. Sehingga belanja pemerintah menjadi satu-satunya komponen yang akan tumbuh di kuartal III-2020.

"Ini disebut sebagai belanja negara sebagai instrumen countercyclical yang dapat dorong proses pemulihan ekonomi," kata dia.

Sebelumnya, Febrio memperkirakan yang mungkin bisa tumbuh positif hingga akhir tahun hanyalah pengeluaran pemerintah saja. Oleh karenanya, belanja pemerintah harus digenjot pada sisa kuartal selanjutnya yakni III dan IV.

"Jadi ini benar-benar harus digenjot untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Q3 dan Q4," imbuh dia.

Di samping itu, pemerintah juga terus melakukan evaluasi terhadap program ekonomi nasional yang tidak berjalan. Beberapa program yang dianggap sulit dalam implementasi di lapangan terus diperbaiki pemerintah.

"Dari evaluasi kita minggu ke minggu kita lihat mana yang jalan dan tidak. Penyerapan yang cepat harus diutamakan agar pemanfaatannya optimal. Meski demikian ada masalah mengenai data yang belum optimal," jelas dia. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini