Kemenkeu Ingatkan Masyarakat Lapor Pajak Lewat Online

Senin, 29 Maret 2021 12:10 Reporter : Dwi Aditya Putra
Kemenkeu Ingatkan Masyarakat Lapor Pajak Lewat Online SPT pajak. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan meminta masyarakat agar melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak secara online. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan dan meminimalisir terjadinya penyebaran Covid-19 di kantor pelayanan pajak (KPP).

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Kemenkeu, Neilmaldrin Noor mengatakan, saat ini pihaknya sudah menyediakan beberapa alternatif untuk melakukan laporan secara mudah. Pertama masyarakat dapat mengirimkan melalui kantor pos atau jasa ekspedisi. Kedua dengan cara e-filing atau elektronik.

"Bisa kirim pos tercatat atau jasa ekspedisi, untuk hindari kerumuman dan antrean kami sediakan nomor antrean online, jadi didaftarkan dulu dengan antrean di kunjung.go.id," jelasnya di Jakarta, Senin (29/3).

Berdasarkan catatan DJP hingga per hari ini masih terdapat 364.504 orang yang masih melakukan pelaporan secara manual atau datang langsung ke kantor pelayanan pajak. Sementara yang menggunakan e-filing sudah mencapai 9,36 juta.

Adapun total secara keseluruhannya mencapai 9,5 juta. Jumlah itu terdiri dari 9,2 wajib pajak orang pribadi dan 291.045 wajib pajak badan. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini