Kemenkeu Bakal Asuransikan Seluruh Aset TMII

Jumat, 16 April 2021 16:30 Reporter : Dwi Aditya Putra
Kemenkeu Bakal Asuransikan Seluruh Aset TMII Asuransi. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah resmi mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Hal ini tercantum di dalam Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan TMII. Perpres tersebut menjadi landasan hukum pemindahan penguasaan dan pengelolaan TMII.

Direktur Barang Milik Negara Direktortat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (DJKN Kemenkeu), Encep Sudarwan mengatakan, sejauh ini pemerintah masih melakukan valuasi terhadap tanah serta seluruh bangunan dari TMII. Setalah dilakukan valuasi maka baru ketahuan mana-mana saja yang perlu diasuransikan.

"Prinsipnya semua Barang Milik Negara (BMN) itu harus diasuransikan namun bertahap ada gedung kantor dulu," jelas dia dalam bincang DJKN, secara virtual, Jumat (16/4).

Meski begitu, secara nilai belum ketahuan berapa yang disediakan untuk asuransi TMII tersebut. Hanya saja Encep bilang, tahun ini pemerintah akan menargetkan semua BMN sudah diasuransikan

"Nilainya belum ketahuan nanti kita akan sampaikan termasuk asuransi," jelas dia.

Sebagai informasi saja, saat ini DJKN mencatat nilai aset TMII mencapai Rp20,5 triliun berupa tanah. Adapun detil aset masih perlu dilakukan inventarisasi untuk kepastian data yang valid.

Selain aset BMN, di dalamnya juga terdapat aset milik daerah dan pihak lain yang berkerja sama dengan Badan Pelaksana Pengelolaan dan Pengusahaan TMII (BP3 TM). [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini