Kementerian BUMN: 5 Investor Tertarik Selamatkan Jiwasraya

Jumat, 13 Desember 2019 15:03 Reporter : Anggun P. Situmorang
Kementerian BUMN: 5 Investor Tertarik Selamatkan Jiwasraya jiwasraya. ©2018 blogspot.com

Merdeka.com - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo mengatakan saat ini ada lima investor yang akan menyelamatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Seluruh investor tersebut sedang melakukan uji tuntas (due diligence).

"Lagi proses (due diligence). Mereka lagi lihat prosesnya, ada empat sampai lima investor," ujar Kartika saat ditemui di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Jumat (13/12).

Adapun kelima investor tersebut berasal dari dalam dan luar negeri. Meski demikian, dia enggan merinci satu per satu investor tersebut. "Empat dari luar negeri dan satu dalam negeri," kata Kartika.

Kartika berharap proses uji tuntas untuk kelima investor tersebut bisa rampung sebelum tahun ini berakhir. Sehingga pada awal tahun depan bisa mengikuti proses atau tahapan selanjutnya.

"Mungkin Desember ini, Januari kasih bid ya. Semoga Desember sudah selesai," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Pemerintah Berupaya Menyehatkan Jiwasraya

menyehatkan jiwasraya rev2

Komisi VI DPR RI bersama pemerintah dan manajemen baru berupaya menyehatkan kinerja perusahaan Asuransi Jiwasraya agar bisa menyelesaikan pembayaran polis yang telah jatuh tempo.

Oleh karena itu, nasabah diminta untuk bersabar karena proses penanganan persoalan di Jiwasraya sedang berlangsung yang diharapkan dapat selesai dengan cepat.

"Kami sudah bertemu dengan mereka (nasabah), sudah disampaikan (agar mereka bersabar). Sebab kita sedang ikhtiar menyelesaikan kasus ini. Mudah-mudahan bisa cepat selesai," kata Anggota DPR RI Komisi VI, Andre Rosiade dikutip dari Antara, Jumat (6/12).

Sebelumnya, Komisi VI DPR RI dan manajemen Jiwasraya sudah pernah menggelar rapat membahas upaya penyelamatan yang sedang ditempuh manajemen perseroan.

Langkah tersebut antara lain pembentukan anak usaha Jiwasraya yakni Jiwasraya Putra. Kemudian reasuransi dukungan modal atau skema financial reinsurance (FinRe), lalu penerbitan mandatory convertible bond (MCB) atau subdept kepada holding.

Menurut Andre Rosiade, ketiga opsi tersebut sudah pernah dibahas bersama, sehingga optimis dengan upaya-upaya yang ditawarkan oleh pihak manajemen. "Harus terus berusaha, dengan kerja keras mudah-mudahan bisa selesai. Mohon doanya," ujarnya. [idr]

Baca juga:
OJK Buka-bukaan Dua Skenario Selamatkan Asuransi Jiwasraya
Penjelasan KEB Hana Bank soal Polis Asuransi Jiwasraya
Sudah Punya Skema, DPR Sebut Persoalan Asuransi Jiwasraya Bisa Diselesaikan
Contek Cara Negara Lain, Kemenkeu Siapkan Skema Penyelamatan Jiwasraya
Jokowi Ngaku Sudah Beri Cara ke Erick Thohir untuk Selamatkan Jiwasraya
Kemenkeu Beberkan Alasan Jiwasraya Tak Dapat PMN di 2020

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jiwasraya
  3. BUMN
  4. Kemenkeu
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini