Kemenhub: Tarif Pesawat Mahal, Penumpang Bus Jakarta - Solo Terus Meningkat

Selasa, 26 Februari 2019 14:39 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Kemenhub: Tarif Pesawat Mahal, Penumpang Bus Jakarta - Solo Terus Meningkat pesawat. shutterstock

Merdeka.com - Mahalnya tarif pesawat ternyata membuat sebagian masyarakat kembali beralih menggunakan moda transportasi lain. Salah satunya transportasi darat yaitu bus.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi menyebutkan, fenomena tingginya harga tiket pesawat menjadi momentum kebangkitan transportasi darat.

"Ini momentum bagi transportasi darat khususnya moda transportasi bus," kata Dirjen Budi saat ditemui di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat, Selasa (26/2).

Dia mengungkapkan, salah satu bukti adanya peralihan tersebut terlihat pada rute Jakarta - Solo. Di mana jumlah penumpangnya mengalami peningkatan sejak tarif pesawat menjadi mahal.

"Sekarang kita lihat masyarakat mulai banyak gunakan transportasi bus. Misal Jakarta ke Solo tadinya memilih pesawat sekarang sudah banyak yang menggunakan bus," ujarnya.

Kendati demikian dia mengaku belum memperoleh angka pasti jumlah kenaikan penumpang bus. "Saya dapat ini sedang saya lakukan perhitungan berapa persen kenaikannya karena kemarin dari beberapa operator mengatakan sudah ada peningkatan yang sangat signifikan terhadap persepsi atau kepercayaan masyarakat untuk menggunakan bus kembali," ujarnya.

Selain itu dia menegaskan banyaknya ruas jalan tol baru akan menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat para pengguna bus. Terutama yang melalui tol Trans Jawa.

Oleh karena itu, dia meminta para operator bus untuk lebih meningkatkan kualitas layanannya pada penumpang.

"Saya sudah dapat opini dari masyarakat, harapan mereka, ekspektasi mereka bus tol trans jawa ini seperti apa harapannya, busnya kaya apa, layanannya kaya apa, tarifnya seperti apa dan waktu seperti apa. Minggu depan akan dipaparkan badan litbang mengenai masalah opini masyarakat setelah itu baru eksekusi," tutupnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini