Kemenhub Sanksi Garuda Indonesia Jika Terbukti Bersalah Angkut Harley Ilegal

Kamis, 5 Desember 2019 14:05 Reporter : Dwi Aditya Putra
Kemenhub Sanksi Garuda Indonesia Jika Terbukti Bersalah Angkut Harley Ilegal Menhub Budi Karya Sumad di Solo. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, akan memberikan sanksi kepada Garuda Indonesia jika terbukti melakukan penyelundupan sparepart motor gede (moge) Harley Davidson langka keluaran 1970-an. Langkah ini, diambil untuk menertibkan operasional perusahaan pelat merah tersebut.

"Dari regulasinya kalau approval-nya tidak tercatat dan membawa sesuatu, tapi enggan dicatat ya ada denda," katanya di Kantornya, Jakarta, Kamis (5/12/).

Menhub Budi mengungkapkan saat ini pihaknya bertugas untuk memastikan keamanan dalam sebuah penerbangan. Termasuk seluruh barang bawaan dari penumpang di dalam pesawat.

"Untuk safety kita itu harus melakukan checking untuk flight approval, apakah penumpang dan barang (Garuda Indonesia) itu dicatat, ada regulasinya itu. Kalau ada yang tidak dicatat, ada ketentuan-ketentuan tertentu," jelas Menhub Budi.

1 dari 1 halaman

Garuda Indonesia Bakal Kena Sanksi Administratif

Sementara, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti menambahkan jika memang terbukti Garuda Indonesia akan dikenakan sanksi administratif. Aturan mengenai sanksi itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 78 Tahun 2017 tentang Pengenaan Sanksi Administratif Terhadap Pelanggaran Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Penerbangan.

"Kalau terbukti sanksinya sesuai dengan teguran, kan itu sanksi. (Kami) masih evaluasi, karena kami klarifikasi terkait adanya berita tersebut, dikaitkan dengan tugas kami di Kemenhub terkait kesesuaian potensi indikasi terhadap ketidaksesuaian," pungkasnya.

[bim]

Baca juga:
Libur Natal & Tahun Baru, Garuda Indonesia Diskon Tiket 30 Persen di Senin dan Kamis
Menteri Erick Minta Pejabat Garuda Indonesia Penyelundup Harley Mundur Hari ini
Polri Sebut Penyelundupan Harley Davidson di Pesawat Garuda Masih Ranah Bea Cukai
Deretan BUMN Miliki Bisnis Hotel Hingga Buat Heran Erick Thohir
Erick Thohir Ancam Copot Karyawan Garuda Indonesia yang Angkut Harley Ilegal
Penjelasan Garuda Indonesia Soal Pengangkutan Harley Davidson

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini