Kemenhub: Rambu lalu lintas jalan tol 90%, jalan nasional baru 40%

Minggu, 20 September 2015 12:03 Reporter : Saugy Riyandi
Kemenhub: Rambu lalu lintas jalan tol 90%, jalan nasional baru 40% Rambu lalu lintas dari kardus di Serang. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini gencar mensosialisasikan aturan baru terkait batas kecepatan kendaraan di jalan raya. Beleid tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 111 Tahun 2015. Di dalamnya diatur batas kecepatan di jalan antarkota, jalanan perkotaan, dan jalanan permukiman.

Aturan ini dibuat untuk meminimalisir kecelakaan di jalan raya. Meski demikian, Kemenhub sebagai regulator mengakui rambu-rambu lalu lintas masih minim di jalan-jalan nasional. Hal ini juga berpotensi menyebabkan kecelakaan di jalan.

Menurut Sekretaris Jenderal Kemenhub, Sugihadjo pemasangan rambu-rambu lalu lintas belum merata. Di mana, saat ini jalan tol telah mencapai 90 persen, namun, jalan-jalan nasional baru mencapai 40 persen.

"Ini bertahap kita benahi dan itu sudah jadi perhatian Pak Menteri mengenai pengadaan rambu. Sebelumnya juga sudah dilaporkan ke Dewan Perwakilan Rakyat untuk ini," ujarnya usai melakukan Jalan Sehat Kementerian Perhubungan, di Jakarta, Minggu (20/9).

Menurut dia, rambu-rambu lalu lintas menjadi prioritas utama dalam keselamatan berkendara. Bahkan, rambu-rambu lalu lintas tersebut sudah masuk dalam Rencana Strategi Kementerian.

"Ini fokus kita, karena utamanya adalah aspek keselamatan. Tidak hanya di darat, pada transportasi udara, laut dan kereta api juga kita terapkan," pungkas dia. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini