Kemenhub Minta Pemda Sediakan Parkir Sepeda di Sekolah, Mal dan Tempat Ibadah

Sabtu, 17 Oktober 2020 19:00 Reporter : Anisyah Al Faqir
Kemenhub Minta Pemda Sediakan Parkir Sepeda di Sekolah, Mal dan Tempat Ibadah Parkir Sepeda di Stasiun MRT dan Halte Transjakarta. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi, mengatakan jalur pesepeda dan tempat parkir sepeda menjadi masalah di tengah tingginya minat masyarakat menggunakan sepeda. Saat ini baru beberapa wilayah yang sudah memiliki jalur sepeda. Diantaranya, Jakarta, Pekalongan, Kalimantan dan lainnya.

"Permasalahan sepeda di kita ini belum tersedia jalur sepeda dan tempat parkir sepeda," kata Budi dalam Pekan Sepeda Nasional 2020, Jakarta, Sabtu (17/10).

Budi mengaku telah bersurat kepada para gubernur untuk menyediakan jalur sepeda di masing-masing wilayah. Sebab, saat ini animo masyarakat terdapat sepeda sedang meningkat. "Kita sudah bersurat ke gubernur untuk sediakan jalur sepeda," kata dia.

Terkait parkir khusus sepeda, Budi mendapatkan saran agar tempat parkir juga disediakan beberapa fasilitas pelengkap. Semisal bengkel sepeda untuk memompa ban sepeda.

Pemerintah pusat ingin, beberapa sarana publik menyediakan tempat parkir khusus sepeda yang terjangkau dan ramah bagi pesepeda. Tempat parkir sepeda ini wajib disediakan di sekolah, tempat ibadah dan mal-mal.

Selain itu, pihaknya juga mendorong penyediaan tempat parkir sepeda terintegrasi angkutan massal. "Ini sudah didorong juga menjadi tempat umum agar masyarakat bisa bersepeda dari rumah ke tempat kerja," kata dia mengakhiri.

Baca Selanjutnya: Peraturan Keselamatan Bersepeda Terbit ini...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini