Kemenhub lelang proyek pelabuhan dan bandara ke swasta

Kamis, 23 November 2017 13:17 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Kemenhub lelang proyek pelabuhan dan bandara ke swasta Aktivitas di Pelabuhan Priok. ©2017 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan melakukan lelang terhadap beberapa proyek infrastruktur kepada pihak swasta, melihat tingginya minat pihak swasta untuk berinvestasi.

"Kan kita tadinya mau konservatif supaya bye low itu BUMN tanpa lelang setelah kita kerjasamakan dengan swasta, dengan mayoritas BUMN. Tapi sekarang swasta banyak yang mau jadi saya ingin melelang," katanya, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (23/11).

Dia menyebut, dari 20 proyek pelabuhan akan dilakukan lelang sebanyak 16 proyek. Sebab, 4 proyek lainnya sudah dikelola oleh badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan PT Pelindo.

Selain itu, lanjut Budi, dilakukannya lelang juga untuk mengkomparasikan kinerja PT Pelindo dengan pihak swasta. Sehingga bisa dipastikan perusahaan pelat merah itu mengerjakan proyek tersebut dengan baik.

Lelang tersebut rencananya akan dilakukan sekitar Januari 2018. Tidak hanya pelabuhan, Kemenhub juga akan melakukan lelang untuk sejumlah proyek bandara. Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK), apabila Kementerian Perhubungan kerjasama dalam konsesi terbatas, tidak menjual.

"Jadi dalam PMK-nya kalau kita akan mengerjasamakan dalam konsesi terbatas tidak menjual itu satu harus appraise. Siapa yg appraise? Bisa Depkeu bisa appraiser. Setelah kita appraise kita lakukan lelang terbuka," jelasnya.

[azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini