Kemenhub di Pekan Nasional Keselamatan Jalan: Tingkat Kecelakaan di RI Masih Tinggi

Sabtu, 17 Oktober 2020 11:00 Reporter : Merdeka
Kemenhub di Pekan Nasional Keselamatan Jalan: Tingkat Kecelakaan di RI Masih Tinggi denda untuk pesepeda keluar jalur. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Dalam rangka pekan nasional keselamatan jalan 2020, Kementerian Perhubungan menggelar pekan sepeda nasional 2020. Hal ini dimaksudkan sebagai salah satu bentuk kampanye pemerintah mengenai keselamatan jalan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, menyampaikan kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih relatif tinggi. Maka dari itu, sosialisasi atau kampanye keselamatan jalan ini menjadi sangat penting.

"Intinya kita adalah berkampanye, atau menyampaikan, mengedukasi mendidik masyarakat bahwa keselamatan jalan dalam rangka transportasi itu sangat penting sekali," ujar dia, Sabtu (17/10).

Dengan demikian, lanjut Budi, pemerintah memiliki banyak program untuk melakukan sosialisasi agar masyarakat dapat memahami dan memenuhi regulasi dalam keselamatan jalan. Disebutkan Budi, salah satunya pesepeda kini telah dilindungi melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59/2020 tentang keselamatan pesepeda.

"Jadi pasca kita merumuskan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 tentang keselamatan bersepeda, kita juga ingin mengajak masyarakat bahwa sepeda sekarang sudah dilindungi oleh undang-undang penggunaannya dari aspek keselamatan. Jadi untuk itu kita ada virtual fun bike, kemudian juga ada pameran sepeda juga, ada Talk Show dan juga FGD tentang itu semuanya," kata Budi.

Adapun garis besar dari peraturan tersebut, diantaranya pemakaian helm untuk pesepeda yang menggunakan sepeda dengan kecepatan tinggi. Menggunakan atribut dengan reflektor dan lampu di malam hari, dan juga harus menggunakan jalur yang telah disediakan.

Baca Selanjutnya: Kemenhub Harap Sepeda Bisa Jadi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini