Kemenhub Catat Pemudik Angkutan Umum Lebaran 2019 Turun, Terbesar dari Pesawat

Jumat, 14 Juni 2019 11:29 Reporter : Merdeka
Kemenhub Catat Pemudik Angkutan Umum Lebaran 2019 Turun, Terbesar dari Pesawat Menhub Budi Karya Sumadi Soal Angkutan Umum Lebaran 2019. ©Liputan6.com/ Maulandy Rizky Bayu Kencana

Merdeka.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, resmi telah menutup Posko Angkutan Lebaran 2019 di Kantornya. Pada H-7 hingga H+7, secara keseluruhan jumlah pemudik yang menggunakan angkutan umum mengalami penurunan.

Penurunan pengguna angkutan umum ini, ditegaskan Menhub Budi, bukan karena pelayanan angkutan umum yang turun. Hanya saja masyarakat lebih tertarik mencoba jalan tol Trans Jawa yang sudah tersambung.

"Kalau dilihat apa yang terjadi ada kecenderungan penggunaan angkutan individu yang masif. Maka kita ke depan lebih relevan bagaimana memikirkan peningkatan angkutan massal, seperti bus, kereta api dan sebaginya," kata Menhub Budi di Kantornya, Jakarta, Jumat (14/6).

Dari data hingga H+7, tercatat pemudik pengguna angkutan umum turun 2,42 persen, di mana dari tahun lalu 18,7 juta menjadi 18,4 juta. Sebenarnya, jika dilihat antar moda, hanya pemudik pengguna pesawat yang turun signifikan mencapai 27,37 persen atau turun 1,3 juta.

Untuk moda angkutan jalan mengalami kenaikan 418.881 pemudik atau sebesar 11,1 persen. Angkutan penyeberangan juga mengalami peningkatan 17.439 pemudik atau sebesar 0,43 persen.

Kenaikan juga terjadi untuk moda angkutan laut yang mencapai 8,7 persen. Di mana, tahun lalu pemudik melalui jalur laut ini sebanyak 1,36 juta pemudik, kini menjadi 1,48 juta pemudik.

Sedangkan untuk moda kereta, juga mengalami peningkatan. Tahun lalu pemudik pengguna kereta api 4,77 juta orang, pada tahun ini menjadi 5 juta orang atau naik 6,62 persen.

"Kalau untuk kereta ini di Lebaran 2019, tidak mencerminkan demand namun mencerminkan supply. Karena sarana yang dimiliki KAI sekarang terbatas," tambah Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenhub Sugihardjo.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini