Kemendag wadahi desainer kembangkan potensi lewat Good Design Indonesia 2018

Senin, 23 April 2018 15:24 Reporter : Siti Nur Azzura
pameran Fesyen dan aksesoris. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyelenggarakan ajang seleksi Good Design Indonesia (GDI) 2018 guna mengembangkan produk-produk dalam negeri berbasis desain untuk tujuan ekspor.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Arlinda mengatakan ajang tersebut bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk dalam negeri yang memiliki nilai tambah melalui pengembangan desain, sekaligus mendorong kinerja ekspor nonmigas Indonesia ke pasar dunia.

"Diharapkan jumlah produk yang mengikuti seleksi tahun ini lebih banyak. Selain itu, karya yang memenangkan GDI juga semakin berkualitas, sehingga peluang untuk bersaing di pasar global semakin besar," kata Arlinda dikutip Antara, Senin (23/4).

Dia menambahkan ajang seleksi tersebut terbuka bagi semua pelaku usaha dan desainer, dengan syarat diproduksi di Indonesia, desainer dari dalam negeri, dan dipasarkan di Indonesia.

Pada tahun 2018, GDI akan melakukan penjurian terhadap enam kategori produk, yatu furnitur dan home decor, peralatan rumah tangga, gaya hidup dan aksesori, kemasan dan desain grafis, serta transportasi dan elektronik.

Pada ajang tersebut, Direktorat Jenderal PEN bekerja sama dengan Japan Institute of Design Promotion (JDP), selaku penyelenggara kegiatan G-Mark di Jepang yang sudah berjalan sejak 1957. Melalui kerja sama tersebut, para pemenang akan berkesempatan untuk langsung masuk pada tahap II pada kompetisi G-Mark tersebut, yang diharapkan dapan mendorong ekspor produk dalam negeri ke pasar Jepang. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini