Kemendag Pastikan Ritel Modern Jual Bawang Putih Rp35 Ribu per Kg

Jumat, 10 Mei 2019 16:12 Reporter : Merdeka
Kemendag Pastikan Ritel Modern Jual Bawang Putih Rp35 Ribu per Kg Dirjen Kemendag Tjahja Widjayanti. ©Liputan6.com/Septian Deny

Merdeka.com - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahja Widjayanti melakukan pemantauan harga bahan kebutuhan pokok di ritel modern guna memastikan harga bahan kebutuhan tetap terkendali selama Ramadan, salah satunya bawang putih.

Diketahui, dalam beberapa waktu terakhir, harga bawang putih mengalami lonjakan yang signifikan mencapai Rp80.000 per kg. Bahkan, di beberapa daerah, harga bawang putih bisa mencapai Rp100.000 per kg.

Namun saat meninjau Giant Ekstra CBD Bintaro, harga bawang putih dibanderol sebesar Rp35.000 per kg. Harga tersebut tidak hanya berlaku di Giant, tetapi juga ritel modern lain.

"Di sini harganya cuma Rp35.000 per kg," ujar dia di Bintaro, Tangerang, Banten, Jumat (10/5).

Menurut Tjahta, saat ini harga rata-rata bawang putih nasional telah turun di kisaran Rp63.000 per kg. Harga tersebut diharapkan terus turun secara bertahap seiring dengan operasi pasar yang dilakukan pemerintah dan dibukanya impor bawang putih.

"Rata-rata nasional sekarang Rp63.000. Ini mudah-mudahan turun terus," tandas dia.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan menjanjikan kestabilan harga bawang putih di berbagai daerah melalui penyiagaan pasokan dan koordinasi tingkat pusat dengan daerah terkait pantauan harga.

"Dalam satu dua hari ke depan ini, harga bawang putih di seluruh tempat di Indonesia secara berangsur bisa kembali stabil," kata Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional, Dody Edward dikutip dari Antara, Kamis (9/5).

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini