Kemendag Buka Keran Impor Daging Sapi Asal Amerika Serikat

Jumat, 4 Oktober 2019 09:49 Reporter : Merdeka
Kemendag Buka Keran Impor Daging Sapi Asal Amerika Serikat Impor Daging sapi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberi sinyal untuk melakukan impor daging sapi dari Amerika Serikat (AS). Selain Brasil, Spanyol sejauh ini menjadi negara yang mengekspor daging sapi ke Indonesia.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan pihaknya membuka peluang semua negara untuk impor daging sapi. "Semua boleh, Spanyol sudah. Amerika Serikat juga sudah bisa," tuturnya di Batu, Jawa Timur, Kamis (3/10) Malam.

Kendati begitu, Menteri Enggar masih enggan membeberkan berapa ribu ton daging sapi yang akan diimpor dari AS untuk tahap pertama. "Tidak tahu berapa ribu ton, tapi harus dari BUMN," ujarnya.

Sebelumnya, Kemendag kini juga tengah dalam proses menunggu untuk tiga BUMN memperoleh rekomendasi impor daging sapi dari Kementerian Pertanian.

Jika sudah diperoleh rekomendasi Kementan, Kemendag akan langsung memberi izin impor 10.000 ton daging sapi yang rencananya akan digelontorkan pada Oktober ini.

Adapun ketiga perusahaan BUMN yang mendapat jatah impor daging sapi tersebut ialah Perum Bulog (30.000 ton), Perusahaan Perdagangan Indonesia/PPI (10.000 ton) dan PT Berdikari (10.000 ton).

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini