Kemendag Bakal Percantik 1.037 Pasar Tradisional Tahun Ini

Rabu, 20 Februari 2019 15:54 Reporter : Merdeka
Kemendag Bakal Percantik 1.037 Pasar Tradisional Tahun Ini Pasar tradisional. ©2018 Merdeka.com/Desi

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus melanjutkan program revitalisasi pasar rakyat di tahun ini. Target revitalisasi pasar untuk memperkuat ekonomi rakyat tersebut sebanyak 5.000 pasar selama periode 2015-2019.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahya Widayanti menuturkan, pemerintah telah merevitalisasi pasar rakyat sebanyak 4.211 unit yang dianggarkan melalui dana alokasi khusus dan tugas pembantuan. Tahun ini, direncanakan pembangunan pasar rakyat sebanyak 1.037 unit.

"Pasar rakyat merupakan sektor penggerak ekonomi kerakyatan. Dengan revitalisasi, eksistensi pasar rakyat akan tetap kuat dan daya saingnya terhadap toko-toko modern dapat meningkat sehingga dapat memajukan ekonomi kerakyatan," ujarnya di Gedung Kemendag, Rabu (20/2).

Revitalisasi pasar rakyat tak hanya sekadar pembenahan bangunan fisik, tetapi juga nonfisik yang terkait dengan pengelolaan pasar dan integrasi dengan sektor-sektor lain.

"Pembenahan fisik tentu dapat meningkatkan citra pasar rakyat yang semula kumuh, becek, dan kotor menjadi bersih dan nyaman untuk dikunjungi, tetapi juga harus didukung dengan revitalisasi nonfisik yang meliputi revitalisasi manajemen, revitalisasi ekonomi, dan revitalisasi sosial," ujarnya.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Kemendag
  2. Revitalisasi Pasar
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini