Kemendag Bakal Kembali Keluarkan Izin Impor Bawang Putih

Rabu, 12 Juni 2019 15:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Kemendag Bakal Kembali Keluarkan Izin Impor Bawang Putih bawang putih. merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan Kemendag akan mengeluarkan izin impor bawang putih kembali. Nantinya, ada lima perusahaan yang bakal mendapatkan izin.

"Akan keluar lagi izinnya untuk lima perusahaan. Nanti ya (jumlahnya)," kata dia, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (12/6).

Selain itu, akan ada 12 perusahaan yang mengajukan izin impor ke Kemendag. Perusahaan-perusahaan tersebut telah mendapatkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dari Kementerian Pertanian.

"Setahu saya akan ada masuk lagi dari Kementan 12 importir untuk mengajukan izin impor," jelasnya.

Sementara terkait harga bawang putih di pasaran, Oke mengatakan telah turun di kisaran Rp 27.000 hingga Rp 28.000 per kilogram. "Sekarang harga (Bawang Putih) sudah di Bawah Rp 30.000, Rp 27.000 sampai Rp 28.0000," tandasnya.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian telah menerbitkan rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) untuk bawang putih bagi 19 importir swasta dengan total volume pengajuan mencapai 245.000 ton.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Ditjen Hortikultura Kementan Yasid Taufik mengatakan rekomendasi impor tersebut dikeluarkan bagi pelaku usaha yang secara aktif dan kooperatif melaksanakan kewajiban tanamnya sesuai aturan. Dari 19 importir, 11 importir telah mendapatkan penerbitan RIPH dengan pengajuan 125.000 ton. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini