Kembangkan Dana Desa, Kemendes PDTT Kerja Sama dengan Tokopedia

Rabu, 7 Agustus 2019 15:18 Reporter : Rizlia Khairun Nisa
Kembangkan Dana Desa, Kemendes PDTT Kerja Sama dengan Tokopedia Kemendes PDTT kerja sama dengan Tokopedia. ©2019 Merdeka.com/Rizlia Khairun Nisa

Merdeka.com - Memasuki tahun kelima program dana desa, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi melakukan kerja sama dengan PT Tokopedia dan perguruan tinggi. Ini merupakan suatu upaya untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas .

Medes PDTT Eko Putro Sandjojo menyampaikan saat ini, Dana Desa terus didorong pemanfaatannya, bukan hanya menjadi sumber utama bagi desa tapi juga bisa menciptakan financial model ataupun bisnis model.

Kerja sama Kemendes PDTT dengan Tokopedia ©2019 Merdeka.com/Rizlia Khairun Nisa

"Dana desa awalnya lebih banyak untuk membangun infrastruktur kalau infrastruktur diikutin tidak ada habisnya. Ide dari pemerintah atau harapan dari pemerintah dana desa bukan hanya sebagai sumber utama tapi desa dengan dana desa bisa menciptakan financial model atau bisnis model di mana desa bisa menciptakan income sendiri," kata Eko saat peluncuran buku manfaat desa dan penandatangan MoU dengan tiga pihak.

Bahkan saat ini, kata Eko, walaupun saat awal program ini banyak sekali hambatan tetapi saat ini sudah banyak desa yang pendapatannya sudah lebih besar daei dana desa yang diberikan dan saat ini Kemendes PDT terus mendorong pemanfaatan dana desa untuk pemberdayaan ekonomi dan manusia.

"Membangun Indonesia yang besar itu tidak bisa sendiri saja tidak bisa Kementerian Desa saja tidak hanya pemerintah saja kita semua tahu bahwa APBN pemerintah itu hanya kontribusi 14 persen dari ekonomi indoensia," ujarnya.

Tokopedia sendiri memiliki tujuan yang sejalan dalam mengembangkan perekonomian masyarakat desa dan daerah tertinggal serta kawasan transmigrasi di seluruh Indonesia melalui perguruan tinggi. Tokopedia akan bekerja sama dengan perguruan tinggi dan BUMDes untuk merealisasikan program program pembangunan bagi desa.

Program Tokopedia yang akan dilakukan yaitu Tokopedia Center, Tokopedia Cormer dan Tokopedia Scholarship. Tokopedia Center merupakan e-commerce hub yang dibangun di desa dan daerah tertinggal untuk menghubungkan pembeli dan penjual lokal.

Tokopedia Corner merupakan tempat pengambilan barang yang terdapat di universitas yang bekerja sama. Diharapkan mahasiswa, dosen dan civitas akademik dapat memperoleh informasi seputar ekonomi digital.

Saat yang sama juga dilakukan peluncuran buku Manfaat Desa yang merupakan cerita perjalan 4,5 tahun Dana Desa.

"Buku ini juga adalah 4.5 tahun perjalanan dana desa, kendala, dan keberhasilannya sehingga bisa ditiru oleh desa desa yang mengalami kendala," ucap Eko.

Buku ini nantinya akan dibagikan ke desa desa seluruh Indonesia. Diharapkan buku ini dapat membantu desa desa dalam belajar dan memajukan desanya. [hrs]

Topik berita Terkait:
  1. Berita Kemendes PDTT
  2. Highlight
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini