Kemacetan parah arus mudik 2016 buat inflasi Juli melonjak

Kamis, 21 Juli 2016 18:36 Reporter : Novita Intan Sari
Kemacetan parah arus mudik 2016 buat inflasi Juli melonjak exit tol Brebes macet. ©2016 Merdeka.com/TMC Polda Metro Jaya

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) memprediksi laju inflasi Indonesia akan mengalami peningkatan di Juli 2016 ini. Sebab, pekan pertama dan kedua bulan ini, inflasi cukup tinggi yang disebabkan kemacetan parah di arus mudik, tepatnya di pintu tol Brebes.

Meski demikian, inflasi pada bulan ketiga dan akhir Juli ini diperkirakan akan kembali menurun.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, Juda Agung mengatakan, pada pekan pertama dan kedua Juli 2016 inflasi berada pada 1,2 persen (mtm) dan 1,128 persen (mtm) atau mengalami kenaikan dibandingkan inflasi Juni 2016 yang berada pada posisi 0,66 persen (mtm).

"Memang masih cukup tinggi, tapi di pekan ketiga dan keempat akan lebih rendah lagi," ujar dia di kantornya, Jakarta, Kamis (21/7).

Dia menjelaskan, meningkatnya inflasi pekan pertama dan kedua Juli 2016 disebabkan karena ada kenaikan tarif angkutan umum, gangguan distribusi karena kemacetan di jalan tol Brebes Exit.

"Sehingga telah memengaruhi harga-harga komoditas pangan seperti cabai sempat naik 32 persen di pekan pertama, tapi kami yakini minggu-minggu mendatang akan ke bawah," tutur Juda.

Meski demikian, BI masih optimis bahwa Inflasi tahun ini akan tetap berada pada kisaran sasaran inflasi 2016, yaitu 41 persen. "Perkembangan inflasi inti tersebut sejalan dengan masih terbatasnya permintaan domestik, menguatnya nilai tukar rupiah dan terkendalinya ekspektasi inflasi," tutupnya [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini