Kelola Keuangan saat Pandemi, Kurangi Delivery Makanan Hingga Tunda Liburan

Minggu, 22 November 2020 15:00 Reporter : Sulaeman
Kelola Keuangan saat Pandemi, Kurangi Delivery Makanan Hingga Tunda Liburan Ilustrasi makan. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Indonesia resmi memasuki jurang resesi secara teknikal. Menyusul laporan Badan Pusat Statistik (BPS) atas pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 yang kembali terkontraksi minus 3,49 persen year on year (YoY). Sementara secara kumulatif pertumbuhan ekonomi selama Januari-September tercatat mengalami kontraksi sebesar 2,03 persen.

Menyikapi resesi ekonomi, Perencana keuangan Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho memberikan sejumlah tips mengelola keuangan di masa resesi ini. Pertama, pilih investasi yang aman dan likuid.

"Karena bagaimana pun juga di situasi resesi ini cash is king. Jadi, pertimbangan investasi selain aman juga harus likuid," ujar dia saat dihubungi Merdeka.com, Minggu (22/11).

Andy mengatakan, kegiatan investasi tetap bisa dilakukan di masa resesi ini. Dengan syarat memilih investasi yang aman dan mudah di konversi ke tunai, seperti tabungan, deposito, reksa dana pasar uang, dan emas.

"Jadi, pada dasarnya investasi tetap bisa dilakukan saat resesi ini. Tapi pertimbangan investasi harus aman dan harus likuid ya," jelas dia.

Kedua, atur ulang prioritas keuangan untuk kebutuhan mendesak. Menyusul di tengah situasi penuh ketidakpastian ini banyak penyesuaian kegiatan yang membutuhkan pembiayaan lebih. "Seperti biaya internet atau kuota data perlu kita jadikan prioritas keuangan baru. Karena saat ini kegiatan pembelajaran lebih banyak dilakukan secara virtual begitupun juga dengan kerja," paparnya.

"Selain itu, pembiayaan untuk tagihan listrik juga harus kita prioritaskan. Hal ini karena dengan aktivitas yang lebih banyak dikerjakan di rumah selama pandemi Covid-19, maka akan meningkatkan pemakaian listrik," terangnya.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini