Kejar Target SDGs, Pemerintah Ingin Kurangi Angka Stunting di Tanah Air

Rabu, 27 Februari 2019 16:25 Reporter : Kamilah
Kejar Target SDGs, Pemerintah Ingin Kurangi Angka Stunting di Tanah Air Kemiskinan kota meleset. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-JK berjanji akan terus menekan angka Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stunting. Salah satu caranya yaitu dengan memperkuat Sustainable Development Goals (SDGs).

"Karena Sustainable Development Goals (SDGs) masih belum tercapai, SDGs tersebut akan diperkuat dan pemerintah akan lebih fokus ke target tersebut," kata Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan, Dody Izwardy saat ditemui di Jakarta, Rabu (27/2).

Dody menjelaskan, ada beberapa indikator yang dapat menurunkan stunting di Indonesia. Salah satunya penurunan kemiskinan yang saat ini berada di bawah satu digit atau sekitar 9,8 persen.

Menurutnya, jika angka ini terus menurun bisa berpengaruh dalam penurunan stunting. Sebab status sosial ekonomi masyarakat menengah ke bawah banyak yang terkena stunting tersebut.

"Jadi ada empat indikator. Pertama penurunan kemiskinan di bawah satu digit, 9,8 persen kalau itu turun terus, itu bisa mempengaruhi. Karena status sosial ekonomi determinan pada stunting itu," katanya.

Selanjutnya mengenai ibu pendek. Pada saat ibu pendek hamil maka akan dijaga makanan, pelayanan kesehatannya.

"Nah ini diharapkan akan mengubah. Ketiga, stanitasi air bersih. Ke empat terlalu cepat di beri makan tambahan untuk anak balita," pungkasnya. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Stunting
  2. Kemiskinan
  3. Gizi Buruk
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini