Kehadiran GoTo Tak Khawatirkan Perbankan

Rabu, 19 Mei 2021 14:18 Reporter : Anisyah Al Faqir
Kehadiran GoTo Tak Khawatirkan Perbankan Bank Mandiri Memperkenalkan Livin' by Mandiri. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Gojek dan Tokopedia resmi mengumumkan pembentukan Grup GoTo. Pembentukan grup ini merupakan kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga saat ini.

Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri, Panji Irawan menilai, bergabungnya dua perusahaan tersebut tidak akan menjadi pesaing baru bagi industri perbankan dari sisi pembayaran. Alasannya, saat ini antara perbankan dan perusahaan fintech sudah memiliki pangsa masing-masing.

Apalagi menurut Irawan, pasar sistem pembayaran skalanya masih kecil dengan untung yang tidak banyak. "Sebetulnya di payment itu kue yang paling kecil. Kue yang fee-nya paling sedikit," kata Irawan dalam Media Gathering Virtual Economic Outlook & Industri Kuartal II 2021, Jakarta, Rabu (19/5).

Sebaliknya pangsa yang besar berada di platform marketplace. Pilihan baru ini akan menjadi keputusan dari consumer banking di perbankan untuk selalu menyesuaikan diri.

Strategi-strategi di consumer banking, rata-rata sudah disikapi terjadinya perubahan bentuk layanan. Dari yang sifatnya bertemu secara fisik, kini berubah sejak pandemi terjadi.

Seperti saat ini klien tidak perlu lagi datang ke cabang melakukan pembukaan rekening. Lalu transaksi-transaksi yang biasanya di ATM juga sudah mulai turun.

"Bahkan mobile banking sudah lebih tinggi dibanding ATM, itu sudah fakta-fakta banking melakukan penyesuaian," kata dia.

Baca Selanjutnya: Fokus Bisnis GoTo...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini