Kegiatan Ekonomi Membaik di Juni, Kemenkeu Harap Pertumbuhan Kuartal III Positif

Kamis, 6 Agustus 2020 18:49 Reporter : Anggun P. Situmorang
Kegiatan Ekonomi Membaik di Juni, Kemenkeu Harap Pertumbuhan Kuartal III Positif Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman. ©Liputan6.com/Fiki Ariyanti

Merdeka.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal-II 2020 terkontraksi sebesar -5,3 persen secara year on year (yoy). Kondisi ini terburuk sejak triwulan I-1999 yang pada saat itu pertumbuhan ekonomi tercatat sebesar -6,13 persen.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman, berharap akan ada perbaikan pertumbuhan ekonomi ke zona positif di kuartal III tahun ini. Menurutnya, aktivitas ekonomi sudah mulai membaik pada Juni lalu.

"Di Juni sudah mulai ada tanda-tanda perbaikan dan kita berharap kuartal-III dan kuartal-IV trennya akan membaik. Kita sangat berharap pertumbuhan ekonomi di kuartal-III bisa kembali ke zona positif," ujarnya dalam diskusi online, Jakarta, Kamis (6/8).

Luky mengatakan, pemerintah melakukan banyak kebijakan agar perekonomian kembali terangkat pertengahan tahun ini. Salah satunya adalah dengan merancang sejumlah kebijakan pemberian bantuan melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Yang paling penting adalah bagaimana caranya. Inilah peran pemerintah bagaimana memberikan stimulus pada perekonomian supaya ekonomi bergerak lagi. Itu bisa sifatnya dalam bentuk suntikan belanja dari pemerintah. Karena mungkin aktivitas ekonomi di sisi swasta masih menurun, masih ada mungkin sifatnya wait and see," paparnya.

Baca Selanjutnya: Rancang Kebijakan Penyelamatan Pasca Pandemi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini