Kebijakan Ekonomi Para Menteri di Kabinet Indonesia Maju

Jumat, 25 Oktober 2019 06:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Kebijakan Ekonomi Para Menteri di Kabinet Indonesia Maju Menteri Kabinet Indonesia Maju. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengenalkan susunan kabinet yang akan membantunya dalam 5 tahun ke depan. Kabinet 2019-2024 diberi nama Kabinet Indonesia Maju.

Beberapa menteri di bidang ekonomi akan melanjutkan program dari menteri sebelumnya. Namun ada pula menteri yang memiliki kebijakan sendiri yang akan dilakukan dalam 5 tahun ke depan.

Berikut kebijakan para menteri ekonomi di Kabinet Indonesia Maju.

1 dari 4 halaman

Bersih-bersih Kasus Korupsi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut akan melakukan bersih-bersih di sektor yang dia pimpin. Ini perlu dilakukan untuk menjaga nama baik BUMN.

"Saya backgroundnya swasta, Allah sudah memberikan sesuatu yang lebih buat saya ya mungkin sudah waktunya tadi, saya juga bersih-bersih," kata dia saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10).

Dia menegaskan bahwa prinsip good corporate governance (GCG) harus benar-benar diterapkan. Sehingga tidak hanya sebatas jargon.

"Saya tidak mau yang namanya good corporate governance di BUMN hanya sebuah lip service, sudah banyak sekali hal-hal yang juga terjadi yang saya rasa kurang baiklah buat citra BUMN tanpa menyalahkan," tegas dia.

2 dari 4 halaman

Aturan Pemindahan Ibu Kota

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa berjanji akan fokus bekerja, salah satunya mengenai rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan. Pihaknya akan fokus membuat aturan resmi demi mengikat kepala negara di masa depan agar tak ada pembatalan di tengah jalan.

"Ada yang menjadi PR, yaitu pertama yang mengenai dasar hukumnya nanti, yang menjadi keputusan politik jadi mengikat siapapun yang jadi presiden. Jangan sampai nanti presiden tahun 2024 membatalkan hal itu," tegas Suharso usai serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Bappenas, Jakarta.

"Jadi kita berharap bisa diikat UU, dan UU itu menjamin tidak ada intervensi di masa depan sehingga orang berpikir lain. Itu harus ada penguatan di sana," kata dia.

Pria lulusan Planologi ITB itu juga ingin desain ibu kota yang baru dibuat berdasarkan planologi yang baik. Dia tak mau bentuk ibu kota baru jadi tidak jelas atau ditentukan oleh keinginan pasar sehingga mobilitas kota dari residential area ke center business district malah tidak tertata.

3 dari 4 halaman

Bikin festival

Menteri Pariwisata Wishnutama Kusbandio mengatakan, akan fokus meningkatkan kreativitas dan daya tarik pariwisata Indonesia.

Presiden Jokowi secara khusus telah meminta dirinya untuk meningkatkan devisa dari sektor pariwisata. Oleh karena itu, industri wisata RI harus ditingkatkan kualitasnya tidak hanya destinasi namun juga kualitas SDM serta wisatawan itu sendiri.

Dia menjelaskan salah satu cara meningkatkan daya tarik wisata dalam negeri adalah dengan menggelar event-event atau festival yang berkesan. Event wisata tersebut dibuat sedikit namun berkualitas sehingga mampu menggaet wisatawan asing untuk berkunjung.

"Event itu harus dipikirkan, tidak sekadar banyak sehingga membuat wisatawan ingin datang lagi. Wisatawan juga harus berkualitas dalam artian pengeluarannya," kata Wishnutama usai mengikuti Upacara Serah Terima Jabatan, di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Rabu (23/10).

4 dari 4 halaman

Penyeragaman Data Pangan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berjanji dapat menyeragamkan data pangan yang hingga saat ini belum terselesaikan dalam program kerja 100 harinya.

"Dalam 100 hari harus bisa menyeragamkan data. Tidak boleh ada dua atau tiga data. Harus ada data valid yang kita sepakati bersama," kata Syahrul Limpo usai dilantik Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip Antara, Rabu (23/10).

Dia menegaskan bahwa harus ada data pangan yang akan disepakati penggunaannya dan harus memiliki variabel yang kuat sehingga bisa dipantau dengan baik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat memperkenalkan Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian, menyebutkan tugas-tugasnya di antaranya yang berkaitan dengan petani, pangan dengan korporasi pertanian, produktivitas pertanian. [azz]

Baca juga:
PDIP Ingatkan Relawan Tak Bisa Ikut Campur Soal Urusan Menteri
Sertijab Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan
Busyro Muqoddas Harap Kabinet Indonesia Maju Disusun Atas Konsep Meritokrasi
Mendag Agus Belum Putuskan Bakal Punya Wakil Menteri
Cerita Wapres Ma'ruf Amin Ikut Rapat Kabinet Hingga Langsung Tinjau Kantor
Erick Thohir: Wakil Menteri BUMN Kemungkinan Diangkat Besok

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini