Kebiasaan Unik Orang Kaya Habiskan Harta

Selasa, 4 Mei 2021 07:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Kebiasaan Unik Orang Kaya Habiskan Harta ilustrasi orang kaya. © nocookie.net

Merdeka.com - Orang terkaya kadang melakukan sesuatu di luar nalar rakyat biasa. Seperti berbelanja. Harta kekayaan yang bergelimang membuat beberapa miliarder menghamburkan uangnya dengan cara-cara yang unik, bahkan aneh.

Seperti para miliarder ini yang menghabiskan uang untuk hal konyol, nyentrik dan aneh. Mulai dari rumah pencakar langit hingga karya seni bernilai tinggi. Ada berbagai alasan di balik pembelian-pembelian unik tersebut seperti hanya sekadar iseng atau untuk menunjukkan kekayaan mereka.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 cara unik orang-orang kaya dunia membelanjakan uangnya.

1. Hiu Raksasa

Banyak orang kaya memiliki akuarium megah di rumahnya, tapi miliarder Steve Cohen bukan orang kaya pada umumnya. Pada 2004, Cohen membeli hiu macan sepanjang 14-kaki atau sekitar 4,2 meter yang telah diawetkan. Hiu tersebut merupakan karya seni kontemporer buatan seniman Damien Hirst.

Hiu raksasa tersebut ia beli dari kolektor seni Charles Saatchi dengan harga mencapai USD 12 juta atau Rp 178 miliar (asumsi kurs Rp 14.874 per USD).

2. Rumah Termahal Dunia

Mukesh Ambani, anak dari Dhirubhai Ambani yang mewarisi kerajaan bisnis penyulingan minyak, kini merupakan orang terkaya di Asia dengan total kekayaan sekitar USD 43 miliar (Rp 639 triliun). Dengan kekayaan yang tumpah ruah, miliarder asal India tersebut menggunakan USD 1 miliar atau Rp 14 triliun dari hartanya untuk membangun rumah paling mahal sedunia.

Menurut Forbes, kediaman Ambani terdiri dari 27 lantai dan dilengkapi tiga landasan helikopter dan enam lantai parkir bawah tanah. Tak hanya itu, rumah dengan luas sekitar 37.000 itu juga memiliki ballroom, bioskop, dan elevator. Ada sekitar 600 orang yang dipekerjakan untuk merawat rumah Ambani.

3. Pulau Beserta Kota di Dalamnya

Bagi pendiri Oracle Larry Ellison, rumah megah tidaklah cukup. Pada 2012, dia membeli Pulau Lanai di Hawaii seharga USD 300 juta atau Rp 4 triliun. Bukan sekadar pulau, di sana juga terdapat dua resort Four Seasons dan sebuah kota dengan populasi sebesar 3.200 penduduk.

Ingin menginap di sana? Siap-siap merogoh kocek senilai USD 21 ribu atau Rp 312 juta untuk bermalam di salah satu resornya.

4. Mobil Selam

Elon Musk merupakan pendiri perusahaan mobil listrik Tesla sekaligus penggagas terowongan Hyperloop. Oleh karena itu, tak heran apabila bos Tesla itu menggunakan alat transportasi yang tak biasa.

Pada tahun 2013, Elon Musk membeli mobil selam James Bond, Lotus Esprit seharga USD 997 ribu atau Rp 14 miliar.

5. Potong Rambut

Sultan Brunei pernah membayar USD 2.300 alias sekitar Rp 32,2 juta (asumsi kurs Rp 14.019) hanya untuk potong rambut. Miliarder ini bahkan pernah menyewa kabin khusus untuk pemotong rambutnya. Aneh-aneh saja.

Baca Selanjutnya: 6 Ukiran Nama Agar Bisa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini