Kebakaran di Kilang Pertamina Balikpapan jadi Kedua Kali Tahun ini

Senin, 16 Mei 2022 10:00 Reporter : Merdeka
Kebakaran di Kilang Pertamina Balikpapan jadi Kedua Kali Tahun ini Kilang Minyak Balikpapan. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional terbakar pada Minggu (15/5) pagi. Kebakaran ini menjadi kedua kalinya dalam bulan ini. Sebelumnya area kilang Pertamina Balikpapan juga pernah terbakar pada Jumat 4 Maret 2022 siang.

Kebakaran terjadi di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex. Saat ini kebakaran kilang Balikpapan sudah berhasil di padamkan dan Pertamina terus melakukan upaya pendinginan.

Dalam kurun waktu sekitar 1 jam yakni pada pukul 11.31 WITA api telah berhasil dipadamkan dan sudah tidak tampak api maupun asap dari Plant.

Area Manager Communication, Relation & CSR Kilang Balikpapan Ely Chandra menyampaikan, bahwa saat ini Plant 5 dihentikan operasionalnya untuk sementara. Plant ini menghasilkan bahan baku gasoline, dan untuk memenuhi kebutuhan produksi bahan baku akan dilakukan pengoptimalan stok di tangki dan pengaturan produksi di kilang Balikpapan.

Saat ini tim internal terus melakukan upaya recovery operasional Kilang Balikpapan agar segera kembali beroperasi maksimal. Untuk sementara waktu, alih suplai sedang disiapkan, berkoordinasi dengan Pertamina Group untuk memastikan tidak adanya gangguan dalam suplai BBM kepada masyarakat.

Tim penanganan di Kilang Balikpapan juga saat ini tengah fokus melakukan penanganan korban. Terdapat 3 orang luka bakar yang merupakan pekerja Pertamina dan saat ini tengah dilakukan upaya perawatan maksimal di RS Pertamina Balikpapan.

Dua orang korban yang terpapar panas yang merupakan pekerja dari kontraktor telah selesai perawatan di klinik dan telah kembali ke rumah masing-masing, sedangkan 1 orang lagi tidak berhasil diselamatkan merupakan pekerja kontraktor.

Kilang Balikpapan dan perusahaan tempat korban bekerja akan memastikan almarhum mendapatkan penanganan terbaik terkait dengan hak-haknya seraya menyiapkan kebutuhan lain yang diperlukan.

2 dari 2 halaman

Kebakaran 4 Maret

maret

Sebelumnya, kebakaran juga terjadi di Area Kilang Balikpapan pada Jumat, 4 Maret 2022, sekitar pukul 10.32 WITA. PT Kilang Pertamina Internasional kemudian bergerak cepat memadamkan api di sekitar Kilang Balikpapan.

saat itu, Ely Chandra, Are Manager Communication, Relation dan CSR Kilang Balikpapan, PT Kilang Pertamina Internasional menyampaikan himbauan agar masyarakat tidak panik, karena kejadian tersebut masih di dalam perimeter kilang dan saat ini api telah berhasil dikendalikan.

"Saat ini tim terus melakukan pendinginan dengan menggunakan air dan foam. Ely menambahkan bahwa kilang juga tidak mengalami kendala serta tetap dapat beroperasi," ujar dia dalam keterangannya.

Perusahaan memastikan jika Kilang Balikpapan saat ini dalam kondisi aman dan tetap dapat beroperasi.

Sistem penyiraman dengan pemadam statis langsung beroperasi dan dibantu dengan 4 unit truk pemadam terus menyiramkan air.

Api yang sempat timbul telah berhasil dikendalikan sekitar pukul 11.00 WITA.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Kebakaran di Area Kilang Pertamina Balikpapan Tewaskan 1 Pekerja
Kebakaran di Area Kilang Pertamina Balikpapan, 5 Orang Terluka dan Satu Masih Dicari
PGN Bakal Siapkan Infrastruktur dan Suplai Gas Bumi ke Kilang Tuban
Kilang Saudi Aramco Terbakar Bikin Pasar Dunia Tambah Panik
Pertamina Investigasi Penyebab Kebakaran Kilang Minyak Balikpapan
Kilang Minyak Pertamina di Balikpapan Kebakaran
Nasib Pembangunan Kilang Tuban Usai Rusia Perang dengan Ukraina

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini