KCIC Benarkan Kebakaran Pipa Pertamina Akibat Proyek Kereta Cepat

Selasa, 22 Oktober 2019 18:32 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
KCIC Benarkan Kebakaran Pipa Pertamina Akibat Proyek Kereta Cepat Pipa Pertamina di Cimahi terbakar. Antara

Merdeka.com - PT Kereta Api Cepat Indonesia-China (KCIC) membenarkan kebakaran pipa penyalur BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung Ke Padalarang yang berlokasi di pinggir ruas jalan tol Purbaleunyi, Km 130 Cimahi-Pasir Koja karena proyek yang tengah mereka garap. Yaitu Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

"PT KCIC menyampaikan bahwa insiden terjadi pada Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) untuk konstruksi elevated yang dikerjakan oleh kontraktor KCJB," kata dia lewat keterangan resminya, Selasa (22/10).

Dia mengungkapkan, hingga pernyataan ini disampaikan masih dilakukan investigasi lebih lanjut mengenai penyebab kejadian oleh pihak yang berwenang bekerja sama dengan PT Pertamina selaku pemilik aset.

Dia mengatakan prioritas yang saat ini dilakukan adalah menjamin keamanan di sekitar lokasi yang dilakukan oleh kontraktor KCJB dibantu Pertamina dan pihak yang berwenang. "Saat ini aktivitas tengah fokus pada pemadaman dan pengamanan lokasi kejadian," ujarnya.

Dia menegaskan proyek KCJB berkomitmen agar semua pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor KCJB senantiasa memperhatikan aspek safety, quality, dan time delivery. "Sebagai prioritas untuk berkontribusi pada pembangunan infrastruktur transportasi koridor," tutupnya.

Sebelumnya, sebuah pipa minyak milik Pertamina di Kecamatan Melong, Kota Cimahi terbakar. Penyebabnya diduga karena pipa tersebut rusak oleh alat berat saat mengerjakan proyek kereta api cepat.

Lokasi pipa yang berdekatan dengan jalan tol membuat arus lalu lintas terhambat. Polisi melakukan penutupan Jalan Tol Purbaleunyi arah Jakarta agar proses pemadaman tidak terganggu. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini