Kata Jokowi Soal Pradesain Istana Negara Ibu Kota Baru

Minggu, 4 April 2021 14:53 Reporter : Merdeka
Kata Jokowi Soal Pradesain Istana Negara Ibu Kota Baru Presiden jokowi. ©2017 Biro Pers Setpres

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut buka suara soal pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru, Kalimantan Timur. Desain istana negara tersebut sempat menjadi perbincangan banyak pihak. Melalui akun Instagram resminya @jokowi, Jokowi menjelaskan proses pemilihan desain bangunan di IKN yang digagas tahun lalu.

"Tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru," ujarnya, dikutip Liputan6.com, Minggu (4/4).

Dari undangan tersebut, sejumlah usulan pun masuk, salah satunya adalah pradesain Istana Negara yang kini diperbincangkan. Ternyata, desain tersebut merupakan milik seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta.

Menurut Jokowi, usulan bangunan Nyoman Nuarta sarat dengan filosofi lambang burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Jokowi menegaskan, pradesain yang ditampilkan ini masih akan digodok hingga menjadi desain tetap. Tentunya, pengembangannya akan disesuaikan dengan beberapa perubahan tertentu.

"Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini," ujar Jokowi.

Jokowi melanjutkan, dirinya ingin Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa. "Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara," katanya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini