Kasus Melonjak, Anies Baswedan Diminta Tambah Fasilitas Penanganan Covid-19

Senin, 21 Juni 2021 14:55 Reporter : Dwi Aditya Putra
Kasus Melonjak, Anies Baswedan Diminta Tambah Fasilitas Penanganan Covid-19 Anies Baswedan Teken Kepgub Perpanjangan PSBB Transisi. ©2020 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk menambah fasilitas baru untuk penangan Covid-19. Ini dilakukan merespon lonjakan kasus aktif harian di DKI Jakarta yang sudah menyentuh di level 5.000 per hari.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan meminta kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk menambah fasilitas baru menggunakan Rusunawa Nagrak, Cilincing dan Rusunawa di Pasar Rumput. Ini disiapkan seluruhnya di bawah koordinasi RSDC daripada rumah sakit kemayoran yang kendalinya dipegang oleh pangdam.

"Ini yang tentunya ini akan disiapkan dalam beberapa hari ke depan dan kemudian tentu kita terus mendorong dan memonitor terkait dengan tingkat kasus," jelas dia dalam di Jakarta, Seni (26/6).

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan, pihaknya telah berkolaborasi dan berkoordinasi dengan para kepala daerah mulai dari Gubernur Jawa Tengah, Timur, Barat, hingga DKI Jakarta untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Salah satunya di Jakarta, Ganip mengatakan Pemerintah akan membuka tempat perawatan untuk pasien orang tanpa gejala (OTG) di Pademangan, tower 8 yang sebelumnya ditempati para tenaga kesehatan.

"Untuk mengatasi lonjakan kasus khususnya di DKI dan daerah penyanggah, pemerintah akan membuka tower 8 di Pademangan, untuk perawatan pasien OTG, tower tersebut sebelumnya ditempati tenaga kesehatan, nantinya nakes tersebut akan dipindahkan ke hotel terdekat," katanya dalam akun YouTube BNPB, Minggu (13/6).

Dia mengatakan, apabila pemindahan tersebut berhasil nantinya di tower tersebut akan menambahkan kapasitas tempat tidur yaitu 1.572. Lalu yang kedua nantinya juga akan ditambah kapasitas tempat tidur di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran sebanyak 2.000 tempat tidur.

"Sehingga kapasitas ini bisa menambah 2.000 tempat tidur, di RSDC kemayoran dapat meningkat dari 5.994 tempat tidur, menjadi 9.566 tempat tidur," ungkapnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini