Kasus KRL vs Metromini di Angke, Menhub Jonan salahkan Ahok

Senin, 7 Desember 2015 10:54 Reporter : Novita Intan Sari
Kasus KRL vs Metromini di Angke, Menhub Jonan salahkan Ahok KRL tabrak metromini di Muara Angke. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Kecelakaan di perlintasan kereta api kembali terjadi. Kemarin, Metromini B 7760 FFD ditabrak KRL di perlintasan kereta Tubagus Angke, Jakarta Barat.

Metromini dengan nomor trayek 80 jurusan Kalideres-Grogol itu ringsek dan terseret hingga 200 meter. Akibatnya, timbul korban jiwa dan luka termasuk sopir Metromini dan kernet.

Sebagai regulator, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyebut kebanyakan kecelakaan yang melibatkan kereta di Jakarta lantaran pemerintah provinsi kurang peduli terhadap pembangunan jalan layang di tiap pintu perlintasan.

"Menurut pengalaman saya di Jabodetabek ini, pemprov itu kurang peduli atau paham pentingnya pembangunan flyover," ujarnya saat acara 'Pembukaan Rapat Kerja Kementerian Perhubungan Tahun 2015' di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (7/12).

Menteri ‎Jonan menjelaskan, salah satu masalah perkotaan saat ini ialah penambahan jumlah penduduk Jakarta dan juga kendaraan roda empat tidak diimbangi dengan infrastruktur di jalan raya.

"‎Contoh di Stasiun Manggarai. Sekarang penduduknya banyak sekali, mobilnya banyak sekali, kereta lebih dari 100 kali trafic. Sejak pertama kali Stasiun Manggarai dipergunakan, tidak ada tambahan (infrastruktur),‎" jelas dia.

Menteri Jonan meminta agar berbagai pihak terkait dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan terutama soal keselamatan di berbagai sisi angkutan. "Kesambet kereta harus selesai, sama dengan kecelakaan pesawat harus selesai," tutupnya. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini