Kartu Prakerja Target Tarik 2 Juta Peserta dalam Satu Bulan

Rabu, 29 April 2020 13:31 Reporter : Merdeka
Kartu Prakerja Target Tarik 2 Juta Peserta dalam Satu Bulan kartu pra kerja. Sumber Foto ; Liputan6.com

Merdeka.com - Jumlah pendaftar program Kartu Prakerja terus bertambah setiap pekannya. Pada gelombang pertama, jumlah pendaftar mencapai 168.111 orang, dan naik menjadi 288.154 orang di gelombang kedua.

Berkat adanya kenaikan itu, Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja telah mendapat arahan untuk bisa menyerap sebanyak 2 juta peserta dalam waktu satu bulan ke depan.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, arahan tersebut datang dari Ketua Komite Cipta Kerja yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

"Jadi itu (jumlah pendaftar tiap pekannya) itu tergantung pak Menko Perekonomian," kata Denni dalam sesi teleconference, Rabu (29/4).

Pada tahap awal, Airlangga hanya mengamanatkan untuk bisa menyerap 200 ribu peserta. Angka tersebut terus bertambah lantaran peminat Kartu Prakerja semakin banyak, dan sistem digitalnya pun dianggap telah teruji untuk bisa menampung jumlah peserta yang lebih besar.

"Pak Menko setelah melihat sistemnya bisa ke 168 ribu, (dia minta) bisa dinaikin enggak ke 300 ribu. Ketika 300 ribu, kami bilang oke pak kami coba. Waktu itu kemudian proses yang sama, dan itu terjaring 288 ribu. Next pak Menko minta dicoba ke 600 ribu," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Rasio Penerimaan Semakin Baik

semakin baik rev1

Melihat antusiasme masyarakat yang semakin tinggi, Denni melanjutkan, Airlangga lantas ingin agar rasio antara pendaftar dan yang diterima dalam program Kartu Prakerja bisa semakin baik.

Oleh karenanya, Ketua Umum Partai Golkar tersebut meminta manajemen pelaksana untuk bisa menarik 2 juta peserta hanya dalam waktu 1 bulan.

"Karena itu pak Menko minta kita dekati angka 2 juta dalam waktu satu bulan. Itu adalah arahan dari pak Menko. Kita sebagai manajemen pelaksana berusaha melaksanakan itu," ujar Denni.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Sebanyak 288.154 Orang Lolos Jadi Peserta Kartu Prakerja Gelombang Kedua
Buruh di Jateng Pilih Dapat BLT Daripada Ikut Program Kartu Prakerja
Gerindra Minta KPK Awasi Kartu Prakerja: Jangan Sampai Jokowi Ditipu Anak Kecil
Peserta Kartu Prakerja Gelombang I akan Terima Insentif Paling Lambat 1 Mei
Komisi III DPR Minta KPK Usut Kartu Prakerja
KPK Dalami Dugaan Korupsi Kartu Prakerja

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kartu Prakerja
  3. Kartu Pra Kerja
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini