Karawang diklaim jadi lokasi terseksi untuk investor bangun pabrik

Selasa, 7 April 2015 14:32 Reporter : Henny Rachma Sari
Karawang diklaim jadi lokasi terseksi untuk investor bangun pabrik

Merdeka.com - Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang menjadi sasaran investasi pabrik para pelaku industri baik dalam maupun luar negeri. Pasalnya, selain lokasi strategis, kawasan tersebut dinilai mempunyai potensi tersendiri dari sisi sumber daya manusianya.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengungkapkan Provinsi Jawa Barat menguasai setengah dari total investasi industri manufaktur di Indonesia.

"Jadi dari 100 persen industri manufaktur di Indonesia, 55 persennya ada di Jawa Barat," ujar Deddy usai acara peresmian pabrik PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Karawang, Jawa Barat, Selasa (7/4).

Pria yang menjadi pemeran utama dalam film Naga Bonar ini menjelaskan, dari 55 persen industri manufaktur yang ada di Jawa Barat, 45 persen terpusat di Karawang. "Dan 45 persen dari 55 persen ada di Karawang," tuturnya.

Deddy mencontohkan, pada 2013 lalu, Karawang mencatat nilai investasi Rp 41 triliun dari total investasi pembangunan lokasi industri di Indonesia sebesar Rp 95 triliun. Salah satu investornya ialah PT Isuzu Astra Motor Indonesia (PT IAMI).

Saat ini, perusahaan otomotif asal Jepang itu kembali membangun pabriknya yang kedua di dalam negeri. Isuzu membangun pabriknya di Kawasan Industry Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat di lahan seluas 300.000 meter persegi.

Pabrik Isuzu tersebut nantinya bakal memproduksi kendaraan truk kelas ringan Isuzu Elf dan truk kelas menengah Isuzu Giga dengan kapasitas produksi sebanyak 80.000 unit per tahun.

Pembangunan pabrik tersebut menelan investasi sebesar Rp 1,3 triliun dan ditargetkan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 1.000 orang. Tak hanya itu, pabrik itu juga melibatkan 136 industri komponen tier-1 dan 544 perusahaan industri komponen tier-2. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini