Kapal pengangkut terbakar, Pertamina jamin pasokan BBM Banjarmasin aman

Jumat, 25 Mei 2018 11:24 Reporter : Merdeka
Kapal pengangkut terbakar, Pertamina jamin pasokan BBM Banjarmasin aman Kapal terbakar. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Region Manager Communication & CSR Kalimantan Yudi Nugraha mengatakan PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke wilayah Banjarmasin aman, pasca terbakarnya Ka‎pal pengangkut BBM SPOB Srikandi.

Diketahui, kebakaran Kapal SPOB Srikandi terjadi di jetty 3 Terminal BBM Banjarmasin, pada Jumat (25/5) pukul 02.00 WITA dini hari dan telah padam pukul 04.00 WITA. Tidak ada korban jiwa, semua anak Buah Kapal (ABK) ditemukan dalam keadaan selamat. Kondisi Terminal BBM pun aman dan dilakukan proses pendinginan, untuk mencegah api menjalar dari kapal ke Terminal BBM.

Terminal BBM Banjarmasin adalah salah satu titik pasok BBM di Kalimantan Selatan yang memasok ke 106 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Titik pasok Kalimantan Selatan lainnya adalah Terminal BBM Kotabaru dengan kapasitas tangki 70 juta liter ditambah floating storage berkapasitas 85 juta liter.

"Untuk keselamatan, jetty 3 saat ini tidak dioperasikan, namun jetty 1 beroperasi secara normal,"‎ kata Yudi, di Jakarta, Jumat(25/5).

Yudi mengungkapkan, Pertamina mengantisipasi agar kebakaran ini tidak memengaruhi kondisi pasokan BBM di Terminal BBM, yang merupakan titik pasok BBM Banjarmasin dan sekitarnya. Stok tersedia di Terminal Banjarmasin saat ini sebanyak 9,1 juta liter terdiri dari 4,6 juta liter Solar, 225 ribu liter Pertamina Dex, 530 ribu liter Premium, 373 ribu liter Pertamax, 3,5 juta liter Pertalite.

Pasokan BBM berikutnya sudah tiba hari ini, terdiri dari poduk solar sebanyak 1,8 juta liter, premium 2,9 juta liter dan Pertamax 2 juta liter. Pada sore hari ini juga direncanakan supply solar berikutnya sebanyak 5,4 juta liter akan tiba.

Selanjutnya, Pengiriman BBM akan dilakukan pada hari ini, dari Terminal BBM Kotabaru sebanyak 2,7 juta liter Premium, 600 ribu liter Pertamax dan 2,4 juta liter Pertalite dan diperkirakan tiba di Terminal BBM Banjarmasin dalam dua hari atau Minggu (27/5). Pengiriman juga akan dilakukan pada hari yang sama untuk produk solar sebanyak 3,7 juta liter dari Kilang Balikpapan juga akan tiba pada Minggu.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini