Kaleidoskop 2018: Pertemuan IMF-World Bank Bali, Momentum Unjuk Gigi RI Pada Dunia

Sabtu, 29 Desember 2018 07:00 Reporter : Anggun P. Situmorang
Kaleidoskop 2018: Pertemuan IMF-World Bank Bali, Momentum Unjuk Gigi RI Pada Dunia asap gunung agung.
5. Gunung Agung Erupsi Tak Bikin Grogi

Merdeka.com - Menteri Koordinator (Menko) Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengaku diberitahu Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani dan ahli vulkanologi Profesor Surono, terkait perkembangan erupsi Gunung Agung, di Kabupaten Karangasem, Bali. Luhut mengatakan, dari keterangan keduanya kemungkinan Gunung Agung erupsi seperti tahun 1963 sangat kecil.

"Menyangkut masalah Gunung Agung, saya sudah diberi informasi dengan Kepala PVMBG Kasbani dan juga oleh Profesor Surono secara terpisah. Sangat kecil peluangnya terjadi erupsi (Gunung Agung) seperti tahun 1963," kata Luhut, saat memantau obyek wisata Patung GWK, Badung, Bali, Kamis (5/7).

Menurut Luhut, erupsi Gunung Agung yang terjadi saat ini adalah sebuah letusan-letusan yang sifatnya skala kecil dan seperti yang terjadi pada Gunung Merapi, Gunung Sinabung, dan Gunung anak Krakatau dan sebagainya. Berbekal informasi itu, dia meyakini erupsi Gunung Agung tak mengganggu pelaksanaan IMF-World Bank Annual Meeting pada bulan Oktober 2018 di Nusa Dua, Badung, Bali.

"Jadi ini adalah suatu hal yang menurut mereka masih lumrah. Kalau pun terjadi seperti erupsi (Gunung Agung) pada Tahun 1963 itu, efeknya hanya sampai pada 10 dan 12 kilo meter saja," ungkapnya.

"Dan kebetulan pada bulan Oktober, menurut ramalan cuaca yang kita punya pada 10 tahun terakhir ini. Angin itu bertiup ke timur, jadi kalau terjadi erupsi maka debunya akan bertiup kesebelah timur," katanya.

Menurut Luhut, hal tersebutlah yang menjadi skenario tetapi Luhut juga meminta doa kepada seluruhnya agar acara IMF-World Bank Annual Meeting pada bulan Oktober mendatang akan berjalan sukses dan lancar.

"Kami juga minta sama teman-teman dan Pendeta disini untuk mendoakan acara ini sukses. Karena ini, juga membuat kebaikan buat masyarakat Bali khususnya dan tentunya Indonesia secara umum. Jadi, kita tidak terlalu banyak khawatir, tapi tentunya mewaspadai dan memantau dengan cermat mengenai perkembangan Gunung Agung. Kita sudah punya skenario, dan kita sudah percaya dengan skenario yang kita sudah selesaikan," ujar Luhut.

Sementara, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim menyampaikan, tentang erupsi Gunung Agung memang tidak bisa memperkirakan apa yang akan terjadi. Namun, dirinya percaya bahwa event IMF-World Bank Annual Meeting akan berlangsung dengan baik.

"Tentunya kita semua, tidak bisa memperkirakan apa yang terjadi, tapi saya percaya dan saya yakin dengan Bapak Luhut dan timnya, acara ini akan berlangsung dengan baik," ujarnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini