Kaleidoskop 2018: Pertemuan IMF-World Bank Bali, Momentum Unjuk Gigi RI Pada Dunia

Sabtu, 29 Desember 2018 07:00 Reporter : Anggun P. Situmorang
Kaleidoskop 2018: Pertemuan IMF-World Bank Bali, Momentum Unjuk Gigi RI Pada Dunia Delegasi IMF-World Bank wisata di Bali. Istimewa
6. Delegasi Kepincut Wisata Bali

Merdeka.com - Delegasi IMF-World Bank Grup berjumlah puluhan orang dipimpin oleh Knowledge Sharing and Learning Global Practice for Social, Urban, Rural and Resilience, Steffen Soulejman Janus mengunjungi Tukad Bindu di Bali. Ini adalah kunjungan kedua, setelah sebelumnya Tukad Bindu dikunjungi CEO World Bank, Kristalina Georgieva.

Kedatangan delegasi ini diterima Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra dan seniman cilik 'Kendang Adi Mardangga', serta tampak disambut Wakil Walikota IGN Jaya Negara.

"Tempat ini sangat luar biasa, inovatif dan sangat memikirkan masa depan, saya berharap semua desa di Indonesia dan dunia mampu menginspirasi seperti yang dilakukan di Tukad Bindu yang sukses bentuk Community Based," ungkap Knowledge Sharing and Learning Global Practice for Social, Urban, Rural and Resilience, Steffen Soulejman Janus dikutip keterangannya di Jakarta, Selasa (16/10).

Dia mengaku sangat tertarik dengan komunitas ini, sebab pengelolaan dan partisipasi masyarakat sangat baik, mulai dari ada budidaya ikan, sampai memasak sayur yang ditanam sendiri.

"Komunitas ini berhasil menginisiasi Tukad Bindu, yang sebelumnya tidak tertata, kini mampu dikembangkan menjadi tempat yang menginspirasi dan luar biasa, dan ini dapat menjadi contoh untuk wilayah lainnya," tambahnya

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Denpasar mengatakan bahwa fokus utama yang dilakukan di Tukad Bindu ini adalah revitalisasi sungai dengan tujuan membentuk kemandirian masyarakat dan akselerasi pembangunan.

"Membentuk karakter masyarakat adalah yang utama, karena ini program jangka panjang dan berkelanjutan," terangnya.

Ketua Yayasan Tukad Bindu, Ida Bagus Ari Manik mengatakan bahwa partisipasi masyarakat adalah hal yang utama menyukseskan program di Tukad Bindu. "Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung, World Bank melalui PNPM Mandirinya, dan khususnya Pemkot Denpasar yang selalu mendukung terbentuknya community based yang ada," ujarnya.

Diketahui Tukad Bindu saat ini terdapat beberapa lokasi menarik. Permainan anak tradisional, kuliner tradisional Bali, Kopi Bindu, taman anggrek, hingga pengelolaan budidaya ikan lele dengan aquaponik.

[bim]

Baca juga:
Pertemuan IMF-World Bank Beri Dampak Langsung Ekonomi RI Senilai Rp 5,5 Triliun
Selama Pertemuan IMF-World Bank, Pemerintah Catat Rp 396 Miliar Devisa Masuk RI
Menko Luhut Sebut Berkat IMF-World Bank Bali, Kini Mudah 'Jual' RI ke Investor
Demokrat tak kaget Bawaslu setop kasus 'satu jari' Luhut dan Sri Mulyani
Ini kata Timses Prabowo terkait kasus Sri Mulyani dan Luhut dihentikan Bawaslu
Bawaslu putuskan pose satu jari Luhut dan Sri Mulyani bukan pelanggaran pemilu
Luhut dan Sri Mulyani dicecar maksud acungkan 1 jari di acara IMF-World Bank

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini