Kaleidoskop 2018: Pertemuan IMF-World Bank Bali, Momentum Unjuk Gigi RI Pada Dunia

Sabtu, 29 Desember 2018 07:00 Reporter : Anggun P. Situmorang
Kaleidoskop 2018: Pertemuan IMF-World Bank Bali, Momentum Unjuk Gigi RI Pada Dunia Penutupan pertemuan IMF-World Bank. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Indonesia tahun ini menggelar pertemuan IMF-World Bank 2018. Perhelatan besar tersebut dihadiri oleh 30.000 delegasi dari 189 negara. Bukan sekadar pertemuan biasa, hal ini menjadi pembuktian bagi Indonesia untuk menunjukkan kualitas baik dari potensi maupun pencapaian ekonomi.

Banyak hal menarik yang menyita perhatian masyarakat dunia selama gelaran pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018. Salah satunya pidato Presiden Joko Widodo yang menggambar situasi perekonomian global dengan seri televisi drama 'Game of Thrones'.

"Hubungan negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti game of thrones, balance of power dan aliansi antara negara ekonomi maju seperti mengalami keretakan. Lemahnya koordinasi, terjadi banyak masalah, seperti peningkatan harga minyak, kekacauan mata uang dialami negara berkembang," ujarnya beberapa waktu lalu.

Presiden Jokowi mengatakan dalam serial 'Game of Thrones' terjadi pertarungan dan perebutan kekuasaan antara satu keluarga dengan keluarga yang lain. Pertarungan itu membuat mereka lupa ada ancaman serius lain yang sedang membayang.

"Setelahnya keluarga yang satu menjatuhkan yang lainnya. Namun yang mereka lupa, mereka tidak tahu ancaman besar dari utara," kata dia.

Oleh karena itu, dia mengajak para pemangku kebijakan di seluruh dunia untuk bekerja sama guna memperbaiki situasi global yang tengah dilanda ketidakpastian.

"Saat ini kita sedang hadapi ancaman global dengan perubahan iklim, sampah plastik mencemari pasokan makanan di banyak tempat. Ancaman global besar yang hanya bisa kita tanggulangi hanya kita bisa kerja sama," imbuhnya

"Tahun depan kita akan saksikan season terakhir Game of Thrones. Saya bisa perkirakan bagaimana akhir ceritanya. Saya yakin ceritanya akan ada pesan moral konfrontasi dan perselisihan akan menyebabkan penderitaan. Tidak ada artinya kemenangan di tengah kehancuran," tandasnya.

Untuk mengetahui informasi menarik seputar gelaran pertemuan IMF-World Bank 2018, berikut ini merdeka.com merangkum 5 fakta penting dari pertemuan tersebut.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini