Kadin Sebut 6 Juta Pekerja Dirumahkan dan Kena PHK Akibat Corona

Jumat, 29 Mei 2020 16:35 Reporter : Merdeka
Kadin Sebut 6 Juta Pekerja Dirumahkan dan Kena PHK Akibat Corona buruh wanita di pabrik sharp karawang. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Shinta Widjaja Kamdani, mengatakan tercatat ada 6 juta orang yang kena dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) dan perumahan akibat pandemi Corona. Angka PHK dan perumahan karyawan tersebut lebih besar dari angka yang disebutkan Kementerian Ketenagakerjaan, yaitu 2 juta orang.

"Kebanyakan dirumahkan karena perusahaan tidak punya cashflow untuk PHK. Tekstil, hotel dan restoran terdampak paling besar," ujar Shinta dalam diskusi virtual, Jumat (29/5).

Lanjut Shinta, industri yang paling banyak merumahkan karyawan ialah industri hotel dan restoran dengan jumlah mencapai 1,4 juta orang, sementara industri tekstil mencapai 2,1 juta orang Sementara di sektor transportasi darat terdapat 1,4 juta orang yang dirumahkan dan sektor ritel sekitar 400 orang. Hal itu juga diperparah dengan tutupnya mal dan pusat perbelanjaan.

Pekerja paruh waktu dinilai terluka paling dalam karena jumlahnya sangat besar dan tidak bisa menghadapi badai Corona. Pekerja paruh waktu kehilangan pekerjaan karena bisnis perusahaan terganggu.

1 dari 1 halaman

Bisnis Harus Berjalan Dengan Protokol Kenormalan Baru

berjalan dengan protokol kenormalan baru

Untuk menghindari dampak lanjutan dari melonjaknya angka pengangguran dan kemiskinan, lanjut Shinta, sektor bisnis harus dijalankan dengan skema New Normal karena, tidak ada yang dapat memastikan kapan situasi akan normal kembali. Terlebih jika pelaku usaha terus menutup bisnis, cashflow perusahaan yang telah terganggu selama tiga bulan terakhir akan semakin memburuk terutama UMKM.

"Kami ikuti tapi setelah ini berjalan kami khawati sekali. Jadi sudah waktunya kita hidup berdampingan dengan Covid-19, karena vaksin belum ditemukan," ujarnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Selamatkan Bisnis, Boeing PHK 6.770 Karyawan Pekan Ini
Data ILO: Satu dari Enam Kaum Muda Berhenti Bekerja Akibat Covid-19
Gubernur Imbau Pencari Kerja Tak Datang ke Banten
Kebijakan New Normal Dinilai Bisa Hentikan PHK
DPRD Nilai Pemecatan 109 Tenaga Medis RSUD Ogan Ilir Langgar Komitmen
Strategi KAI Lindungi Karyawan Saat Pandemi Corona, Diberi APD Hingga Tak Ada PHK
Gugus Tugas Minta Kepala Daerah Perhatikan Warga Kena PHK Terdampak Covid-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini