Kadin Nilai Pemerintah Perlu Bentuk Gugus Tugas Ekonomi dan Bansos

Sabtu, 16 Mei 2020 13:01 Reporter : Anisyah Al Faqir
Kadin Nilai Pemerintah Perlu Bentuk Gugus Tugas Ekonomi dan Bansos Chris Kanter, CEO Indosat Ooredoo. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Dewan Penasehat Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Chris Kanter, menilai pemerintah perlu membuat dua satuan tugas (satgas) baru dalam menangani dampak pandemi Covid-19. Dua satgas tersebut yakni satgas penanganan ekonomi dan satgas penanganan bantuan sosial. Kedua gugus tugas bidang ini sangat dibutuhkan karena sedang berhadapan dengan 3 masalah besar.

"Keadaan sekarang kita mengalami tiga masalah besar yaitu kesehatan, ekonomi dan bantuan sosial," kata Chris dalam diskusi virtual Populi Center dan Smart FM Network bertajuk 'Perlukah Satgas Ekonomi?', Jakarta, Sabtu (16/5).

Chris menuturkan, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) merupakan langkah cepat pemerintah dalam menangani Covid-19. PSBB dilakukan bersamaan dengan tes massal yang ditargetkan 10.000 per hari meski faktanya dalam sehari baru bisa melakukan tes kepada 5.000 orang.

Namun, kebijakan ini tidak bisa dilakukan dalam jangka panjang. Sebab, semakin kebijakan ini diterapkan lebih lama, roda ekonomi masyarakat makin terpukul. Akibatnya dunia usaha semakin terdampak dan masyarakat semakin banyak yang berpotensi terjangkit.

"Jangan sampai kita yang sudah terdampak, tapi bahayanya juga tidak dihindari," kata Chris.

Baca Selanjutnya: Alasan Indonesia Perlu Dua Gugus...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini