Kadin Minta Penyaluran BLT untuk UMKM Terdampak Corona Dipercepat

Jumat, 29 Mei 2020 11:43 Reporter : Merdeka
Kadin Minta Penyaluran BLT untuk UMKM Terdampak Corona Dipercepat UMKM. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mendorong agar pemerintah segera mempercepat penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) kepada pelaku UMKM yang terimbas dampak Corona, terutama usaha mikro. Sebab, pelaku usaha mikro menggantungkan hidup sehari-hari mereka dengan berdagang, sehingga jika Corona membuat dagangan mereka sepi, mereka akan kesulitan mencari biaya hidup sehari-hari.

"Kami terus beri masukan ke pemerintah terutama karena dunia usaha ini yang paling kena imbasnya UMKM. Nah, stimulus ini harus disegerakan karena sampai saat ini BLT belum sampai ke teman-teman pengusaha mikro," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pemberdayaan Perempuan Nita Yudi dalam siaran langsung, Jumat (29/5).

Nita melanjutkan, Kadin sudah melakukan beberapa langkah untuk meringankan beban pelaku usaha mikro dan menengah, diantaranya dengan memberi masukan kepada pemerintah untuk dunia bisnis serta menggalang bantuan untuk disalurkan ke pelaku UMKM terdampak Corona.

Bantuan disalurkan ke berbagai institusi dengan nilai Rp400 miliar melalui Yayasan Kemanusiaan Kadin. "Kami salurkan Rp400 miliar ke BNPB, PMI, Kemenkes, Pemda DKI, Dewan Masjid Indonesia, 166 institusi, 829 rumah sakit dan puskesmas di Jabodetabek dan membagikan sembako hampir 10 ribu paket," jelas Nita.

Kadin juga selalu melakukan rapat rutin 3 hari sekali untuk mendiskusikan kondisi dunia usaha di Indonesia hingga dampaknya ke pemutusan hubungan kerja dan pengangguran. "Tentunya kami terus memberi masukan-masukan kepada pemerintah untuk stimulus ke dunia usaha supaya bisa cepat sampai," tutupnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini