Kadin: LPI Sebuah Terobosan untuk Akselerasi Pembangunan Infrastruktur

Rabu, 31 Maret 2021 15:45 Reporter : Dwi Aditya Putra
Kadin: LPI Sebuah Terobosan untuk Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Pembangunan Tol BORR. ©2017 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menilai pemerintah sudah merespons cepat rencana pembangunan infrastruktur di Tanah Air. Hal ini dibuktikan dengan dibentuknya Lembaga Pengelolaan Investasi (Sovereign Wealth Fund/SWF).

Ketua Komisi Tetap Kebijakan Strategis Infrastruktur Kadin, Mohammed Ali berawi mengatakan, LPI didesain pemerintah untuk melakukan beberapa fungsi penting. Di antaranya pengelolaan investasi untuk pembangunan infrastruktur, maupun pengelolaan aset-aset infrastruktur.

"Hal ini bagi saya merupakan sebuah terobosan yang baik di mana program pemerintah dalam dua periode terakhir ini melakukan akselerasi pembangunan infrastruktur secara masif," kata dia dalam diskusi Peluang, Tantangan dan Masa Depan Investasi di Indonesia Pasca Pembentukan LPI, Rabu (31/3).

Dia menambahkan, pada 2016, laporan bejudul Global Infrastruktur Gap menyebutkan bahwa setiap 1 dolar investor di infrastruktur akan mampu mengkontribusi sekitar 20 persen kenaikan GDP melalui peningkatan produktivitas. Peran infrastruktur yang dilaporkan itu meliputi Amerika Brazil, India bahkan Indonesia.

"Karena infrastruktur mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan menarik semua sektor sektor industri yang terkait," kata dia.

Pada periode pertama estimasi pembangunan infrastruktur bagi Indonesia dibutuhkan sebesar kurang lebih Rp5.000 triliun sebelum Covid-19. Bahkan estimasi pembangunan infrastruktur untuk saat ini akan membutuhkan biaya sekitar Rp6.000 triliun.

"Bayangkan untuk mencapai cita-cita bahwa Indonesia akan menjadi negara lima kekuatan ekonomi terbesar di tahun 2045 banyak PR yang meski kita kerjakan," katanya.

Baca Selanjutnya: Lahir dari Keterbatasan Pemerintah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini