Kabinet Indonesia Maju Diharapkan Lebih Agresif Kembangkan Energi Terbarukan

Rabu, 30 Oktober 2019 16:00 Reporter : Merdeka
Kabinet Indonesia Maju Diharapkan Lebih Agresif Kembangkan Energi Terbarukan panas bumi. shutterstock

Merdeka.com - Masyarakat Energi Baru Terbarukan Indonesia (METI) ingin Pemerintahan Kabinet Indonesia Maju lebih agresif mendorong pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT), hal ini untuk menyeimbangkan negara maju dalam menggunakan energi bersih tersebut.

Ketua Umum METI Surya Darma mengatakan,‎ menggunakan EBT menjadi sebuah keharusan karena sesuai dengan kondisi lingkungan, saat ini negara maju pun sedang menggalakan EBT sebagai sumber energi.

"Sebut saja China, sudah agresif ada menteri khusus menangani EBT, pengembangan EBT di China luar biasa berkembangnya sesuai masa kini," kata Surya, di Jakarta, Rabu (30/10).

Agar pemerintah lebih agresif mengembangkan EBT, METI pun menginginkan adanya Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang fokus dalam pengembangan EBT. "Kami harap ada wamen untuk mengurusi EBT, karena EBT sebuah keharusan, karena negara maju sudah fokus mengembangkan EBT," ungkapnya.

Dia menyebut, negara berkembang yang fokus mengembangkan EBT adalah India. Untuk mengembangkan EBT lebih masif negara tersebut pun mengangkat menteri khusus yang menangani EBT.

"Di India juga agresif menunjuk menteri khusus menangani EBT, dari sini kelihatan kemauan pembangunan EBT lebih baik," tandasnya.

Reporter: Pabrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini