KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Juni nanti, harga daging sapi bisa melebihi Rp 100.000 per kg

Senin, 4 Februari 2013 14:17 Reporter : Ardyan Mohamad
daging sapi. merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Harga pasaran daging sapi di Indonesia saat ini berkisar Rp 90.000 sampai Rp 95.000 per kilogram. Kementerian Perdagangan membenarkan rasio harga itu lebih tinggi dua kali lipat dibanding harga pasaran daging dunia.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menyatakan dirinya enggan membuat klaim daging sapi Indonesia termahal sedunia. Paling tidak dari perbandingan dengan negara tetangga, harga daging sapi di sini memang lebih mahal.

"Faktanya, harga kita kurang lebih dua kali lebih mahal, di Australia, Malaysia, dan Singapura rata-rata USD 4,5, di kita mencapai USD 9," ujarnya di kantornya, Senin (4/1).

Bayu menggambarkan lonjakan harga bisa semakin besar menjelang Lebaran. Berkaca pada pengalaman 2012, harga daging sapi meningkat hingga Rp 20.000. Bila skenario sama diterapkan untuk Lebaran Juni mendatang, sementara pasokan daging masih tersendat, harga diperkirakan bakal lebih dari Rp 100.000 per kilogram (kg). "Kita harus antisipasi, Lebaran tahun ini harga daging bisa mencapai Rp 120.000," kata Bayu.

Kemendag menilai biang keladi kenaikan harga adalah pasokan daging tidak bisa mengimbangi permintaan yang besar dari sektor hotel, restoran, dan katering (horeka). Bayu menilai masih ada jalan selain impor untuk menurunkan harga. Caranya, peternak, usaha penggemukan sapi, dan rumah potong hewan harus memaksimalkan pasokan daging sapi lokal.

"Saya tidak bilang kita harus impor. Untuk setiap pemangku kepentingan, RPH, feedlotter, pasoklah dagingnya, ini yang harus kita dorong dan kita fasilitasi," paparnya.

Saat ini, Kemendag masih mengebut survei permintaan daging. Pemetaan itu penting untuk menilai apakah impor memang harus direkomendasikan di rapat koordinasi Kementerian Koordinator Perekonomian.

"Yang kami lakukan adalah survei kebutuhan jenis dagingnya, semoga 2-3 pekan ke depan sudah bisa kita sampaikan dinamika di sisi permintaan. Nanti terserah (Menko) akan diambil kebijakan seperti apa," ungkap Bayu. [arr]

Topik berita Terkait:
  1. Daging Sapi
  2. Harga Daging Sapi
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.