KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Jumlah wirausaha di Indonesia masih rendah

Senin, 3 September 2012 13:13 Reporter : Sri Wiyanti

Merdeka.com - Untuk meningkatkan kapasitas pertumbuhan ekonomi nasional, Bank Indonesia melihat perlunya meningkatkan jumlah wirausaha yang saat ini hanya sebesar 1,56 persen.

"Negara-negara maju memiliki tingkat kewirausahaan yang tinggi, sehingga pertumbuhan ekonominya menjadi relatif lebih berkualitas," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah di Gedung Bank Indonesia, Senin (3/9).

Tingkat kewirausahaan di Indonesia masih jauh jika dibandingkan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura yang sudah di atas 4 persen.

"Tingkat kewirausahaan yang lebih tinggi memiliki hubungan yang signifikan dengan pembangunan ekonomi yang lebih pesat, partisipasi sektor formal dan tata kelola yang lebih baik," jelasnya.

Kewirausahaan dalam pembangunan ekonomi tidak hanya terbatas pada peningkatan output per kapita dan pendapatan. Kewirausahaan juga sebagai inisiator perubahan dalam struktur bisnis masyarakat.

"Entrepreneurship juga berperan dalam menjembatani gap antara pengetahuan dan pasar, menciptakan bisnis baru dan membawa produk baru ke pasar," paparnya.

Menyadari pentingnya kewirausahaan dalam menggerakkan roda perekonomian nasional, bank sentral melakukan program kerja berupa Penciptaan Wirausaha Baru pada 2012.

"Ini juga sebagai respon terhadap pencanangan gerakan kewirausahaan nasional oleh pemerintah pada tahun 2011," tutupnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Wirausaha
  2. Bank Indonesia
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.